nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Abu Jibril Tewas Tertembak Tank di Suriah

Fahmi Firdaus , Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2015 06:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 03 27 337 1125006 adik-muhammad-jibril-tewas-tertembak-tank-di-suriah-XQouemVpPf.jpg Foto: Arrahmah

JAKARTA - Ridwan Abdul Hayyie yang merupakan putra keenam dari Wakil Amir Majelis Mujahidin, Abu Muhammad Jibril Abdurrahman (Abu Jibril) dikabarkan tewas di Suriah saat pertempuran sengit dengan pasukan pemerintah di Kota Idlib. Ridwan tewas setelah terkena tembakan dari tank pasukan Suriah.

“Adik kami yang sering canda di forum ini Ridwan telah dijemput Allah sebagai syuhada. Dia telah syahid,” ucap kakak Ridwan, Muhammad Jibril seperti dikutip Okezone dari Arrahmah, Jumat (27/3/2015).

Belum diketahui apakah Ridwan tergabung dengan kelompok radikal Islamic State of Irak and Syiria (ISIS) di Suriah. Ridwan alias Abu Umar lahir pada 16 Juni 1993.

Muhammad Jibril sendiri pernah divonis lima tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, karena dinyatakan terbukti bersalah telah menyembunyikan informasi, terlibat dalam pendanaan aksi terorisme, dan menggunakan identitas palsu dalam paspor yang digunakan untuk keperluan umrah. Jibril juga pernah menjadi pimpinan media online Arrahmah.

Sebelumnya, anggota Komisi I DPR RI, TB Hasanuddin‎, mendapat informasi adanya 514 Warga Negara Indonesia (WNI) yang pergi ke luar negeri untuk bergabung dengan kelompok radikal ISIS.

"Informasi yang saya dapat, WNI yang gabung di ISIS ada sekira 514 orang. Mereka sudah ada di sana, dan empat orang di antaranya gugur dalam pertempuran," ungkapnya saat ditemui wartawan di Konferensi Daerah IV PDI Perjuangan di Kota Bandung, Rabu 18 Maret 2015.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini