nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penambang Pasir Temukan Benda Peninggalan Purbakala

Demon Fajri, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2015 11:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 03 27 340 1125068 penambang-pasir-temukan-benda-peninggalan-purbakala-rjZFNkAl2K.jpg Penmbang Pasir Temukan Benda Peninggalan Belanda (Foto: Demo Fajri/Okezone)

BENGKULU - Warga Desa Kelilik, Kecamatan Seberang Musi, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu, digegerkan dengan penemuan mata kapak, mata tombak, kendi yang terbuat dari tanah berisikan abu dan tulang manusia, yang diduga peninggalan zaman purbakala, Rabu, 25 Februari 2015.

Penemuan benda-benda yang terbuat dari batu itu, ditemukan di kawasan tambang galian C atau quari milik, Arbi (50), warga Kelurahan Dusun Kepahiang, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu.

Pemilik galian C, Arbi, menduga benda-benda yang ditemukan tersebut peninggalan zaman purbakala, karena terdapat abu dan tulang manusia dalam kendi.

''Yang pertama kali menemukan pekerja tambang. Saat penemuan benda-benda itu, pekerja tambang menyampaikan kepada saya, jika ada mata kapak dan tombak, serta sebuah kendi yang diduga terbuat dari tanah,'' kata Arbi, yang juga mantan anggota DPRD Kabupaten Kepahiang.

Arbi memperkirakan, lokasi tambang galian C miliknya merupakan areal pemukiman penduduk zaman purbakala, maupun penduduk umat Hindu. Usai ditemukan, para pekerja ingin menjadikan benda-benda itu sebagai bahan batu akik.

Namun, setelah mendapatkan tulang dan abu di dalam kendi, niat tersebut tidak jadi dilakukan oleh para pekerja.

''Benda-benda temuan itu saya simpan dulu di rumah saya,'' tutur Arbi.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini