Image

Kemendagri Dorong IPDN Jadi Pusat Revolusi Mental

Ahmad Zubaidi, Jurnalis · Minggu, 12 April 2015 - 20:17 WIB
Kemendagri dorong IPDN jadi pusat revolusi mental Kemendagri dorong IPDN jadi pusat revolusi mental

JAKARTA - Tekad untuk mendukung ‘Gerakan Nasional Revolusi Mental’ di lingkungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) gencar dilakukan. Salah satunya menjadikan IPDN sebagai pusat pengembangan revolusi mental.

Hal ini ditegaskan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melalui keterangan pers, Minggu (12/4/2015).

"Revolusi mental dimulai dari masa pendidikan dan IPDN harus mampu melahirkan Praja pelopor revolusi mental yang secara kualitas siap menjadi tauladan di lingkungan sosial, keluarga, dan kerja di masing-masing instansi," ujarnya.

Menurut Tjahjo, Kemendagri telah mempersiapkan diri mulai tahun ini untuk melahirkan aparatur yang memiliki integritas dan berkepribadian Indonesia.

"Praja sebagai calon aparatur juga harus mampu melakukan perubahan dimulai dari sikap dan perilaku sendiri. Melekat dalam gerakan ini adalah menanamkan rasa cinta tanah air, memiliki wawasan dan jiwa kebangsaaan Indonesia dan membangun Indonesia sekarang dan kedepan bebas dari korupsi," jelasnya.

Selain itu, Tjahjo mengatakan bahwa revolusi mental tersebut mencakup perubahan yang mendasar, cepat, dan berkesinambungan dalam tiga segmen perubahan.

"Segmen satu dalam rekruitmen calon praja, segmen dua dalam pengajaran, pelatihan, dan pengasuhan (Jarlatsuh), dan segmen tiga dalam konsolidasi alumni. Keseluruhan proses harus dapat diawali pada tahun 2015 ini diseluruh kampus IPDN," imbuh Thahjo.

(MSR)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming