Hari Antitambang Sedunia, Walhi Gelar Aksi Pocong

Demon Fajri, Okezone · Jum'at 29 Mei 2015 11:43 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 29 340 1157163 hari-antitambang-sedunia-walhi-gelar-aksi-pocong-RysGBy8yao.jpg Ilustrasi. (dok.Okezone)

BENGKULU - Memperingati Hari Antitambang Sedunia, organisasi lingkungan yang tergabung dalam Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Bengkulu menggelar aksi simpatik bersama Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bengkulu, Jumat (29/5/2015).

Dalam aksi simpatik tersebut, belasan orang yang memakai kostum pocong membentangkan spanduk sepanjang sekira 50 meter di depan Kantor Dinas ESDM Bengkulu. Spanduk itu bertuliskan "Seribu meter kain kafan untuk perusak lingkungan!!!".

Selain itu, di spanduk tersebut juga tertuli "Lobang Tambang = Lobang Bencana" dan "Bongkar Kecurangan Pemberian Izin Tambang".

''Kita minta kepada pemerintah agar perusahaan perusak lingkungan dapat ditindak tegas,'' kata Koordinator Lapangan aksi, Uli Arta Siagian, Jumat (29/5/2015). Ia menduga sejumlah perusahaan tambang sudah merambah hutan tanpa memperdulikan kelestariannya.

Uli mencontohkan, tambang batu bara telah mengakibatkan terbentuknya lobang besar di kawasan hutan. Itu merupakan pengerukan yang tidak disertai pemulihan lingkungan.

''Lobang tambang itu sama sekali tidak ada di reklamasi, dan dari pemerintah mengklaim jika itu tempat wisata. Sementara itu, di dalam lobang tersebut mengandung racun yang berbahaya,'' ucapnya.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini