nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Turki Mundur jika Punya Toilet Emas

Pamela Sarnia, Jurnalis · Senin 01 Juni 2015 19:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 06 01 18 1158695 presiden-turki-mengundurkan-diri-bila-ditemukan-punya-toilet-emas-mZnd2v1Kfg.jpg Recep Tayyip Erdogan (Foto: Getty Images)

ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan akan mengundurkan diri dari kursi kepresidenan apabila pemimpin oposisi Turki menemukan toilet emas di dalam istana barunya yang amat besar. Pernyataan tegas itut menyusul tuduhan pihak oposisi yang menyebutkan gaya hidup boros Erdogan.

Dia pun menantang lawannya untuk mencari toilet emas di setiap kamar di istananya yang berjumlah 1.000 kamar itu. "Saya undang dia ke istana dan mempersilakan berkeliling. Jika dia bisa menemukan toilet emas, saya akan mengundurkan diri dari jabatan presiden," ujar Presiden Recep Tayyip Erdogan, seperti dikutip dari The Telegraph, Senin (1/6/2015).

Sebelumnya, lawan politik Erdogan dari Partai Rakyat Republik (CHP) bernama Kemal Kilicdaroglu menyebutkan serangkaian kemewahan yang ada dalam Istana Turki. Pernyataan Kilicdaroglu disampaikan dalam kampanye menjelang pemilihan umum (pemilu) Parlemen Turki.

"Rakyat Ankara, istana-istana telah dibangun untuk Anda, pesawat dibeli, mobil Mercedes dibeli, dan alas duduk emas telah terbeli, begitulah bagaimana Anda menggunakan toilet," kata Kilicdaroglu dalam kampanye di Kota Izmir.

Presiden Erdogan pindah ke istana kontroversial bernama Ak Saray atau Istana Putih semenjak terpilih menjadi Presiden Turki pada Agustus 2014. Istana yang bercahaya pada malam hari itu berdiri di atas puncak bukit di ujung barat Ankara.

Kepindahan Erdogan memicu kritik. Berbagai pihak menyatakan keputusannya menunjukkan Erdogan menampilkan dirinya sebagai sultan di era modern.

(pam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini