Abrasi Pantai Ancam Permukiman di Bengkalis

ant, · Rabu 29 Juli 2015 07:43 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 29 340 1187046 abrasi-pantai-ancam-pemukiman-di-bengkalis-9FsmC0n6aV.jpg Ilustrasi: Sindonews

BENGKALIS - Warga Desa Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Riau, cemas karena gerusan abrasi pantai yang melaju sehingga mengancam permukiman di daerah itu.

“Abrasi atau penggerusan bibir pantai akibat gelombang Perairan Selat Melaka semakin mengkhawatirkan,” ujar salah satu warga, Leman (28), Rabu (29/7/2015).

Abrasi sudah merusak pagar tempat pemakaman umum (TPU) dan sejumlah pohon pelindung. Beberapa tahun lalu TPU di Teluk Rhu utuh berpagar. Namun beberapa tahun terakhir, pagar yang mengarah ke tepian pantai sudah rubuh karena abrasi.

Leman menambahkan, jalanan turap yang dibangun Pemerintah Kabupaten Bengkalis di tepian pantai belum lama ini, hampir semuanya rubuh karena terkikis.

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah kecamatan dan masyarakat setempat untuk mengatasinya. Namun hasilnya belum maksimal.

"Kami telah berupaya bersama masyarakat melakukan upaya penanggulangan seperti memasang karung-karung berisi pasir. Namun hasilnya tidak optimal," ujar Camat Rupat Utara, Syafruddin.

Oleh karena itu ia dan warga setempat berharap Pemkab Bengkalis maupun Pemerintah Provinsi Riau segera mengambil tindakan terhadap abrasi yang mengancam pemukiman warga di daerah itu.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini