nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Moehammad Jasin, Polisi Pertama Dapat Gelar Pahlawan

Susi Fatimah, Jurnalis · Selasa 10 November 2015 07:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 11 09 337 1246385 moehammad-jasin-polisi-pertama-dapat-gelar-pahlawan-QSiQABXvlb.jpg (Foto: Wikipedia)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada lima tokoh. Salah satunya yaitu Komjen Pol (Purn) Moehammad Jasin. Ia adalah polisi pertama yang mendapat gelar Pahlawan Nasional.

Moehammad Jasin dikenal sebagai sosok yang membentuk satuan Brigadir Mobil (Brimob) sebagai satuan elite dan tertua di Kepolisian RI.

Jasin melepas status Polisi Istimewa dengan Jepang saat proklamasi dikumandangkan. Kemudian dia mengubah status dari kolonial menjadi polisi negara merdeka.

Jasin mengumumkan melalui radio bahwa Polisi Istimewa yang dipimpinnya sudah dimiliterisasi dan diwajibkan ikut pertempuran saat pertempuran Surabaya meletus.

Selain itu, Jasin juga memimpin pasukannya bergerilya hingga wilayah Gunung Wilis dan menjadi Komandan Militer Sektor Timur Madiun pada saat Belanda melakukan Agresi kedua.

Moehammad Jasin lahir di Bau-Bau, Buton, Sulawesi Tenggara, pada 9 Juni 1920 dan wafat di usai 92 tahun pada 2012.

Jasin yang memperistri almarhum Siti Aliyah Kessing ini memiliki empat anak, yakni Rubyanti Jasin, Djuahar Jasin, Djuanda Jasin dan Djuwaitar Jasin.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini