nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada, Tim Pemenangan Pilkada Bagi-Bagi Uang Palsu

Akbar Dongoran, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2015 21:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 12 04 340 1261245 8206-waspada-tim-pemenangan-pilkada-bagi-bagi-uang-palsu-HZvDBp7F6o.jpg Foto: Illustrasi Okezone

MEDAN - ‎Masyarakat diminta semakin waspada dengan peredaran uang palsu. Khususnya menjelang pemilu kepala daerah (pilkada) serentak yang akan berlangsung 9 Desember 2015 mendatang.

Hal itu diketahui karena‎ ada tim pasangan calon kepala daerah yang tengah berkontestasi, disinyalir akan melakukan aksi bagi-bagi uang untuk mendapatkan dukungan masyarakat. Namun uang yang akan dibagikan, adalah uang palsu.

Seperti halnya pengakuan Teshar Rianda (32), tersangka pembuat dan penjual uang palsu yang diringkus petugas Polsek Helvetia. Dimana Teshar mengaku telah diminta oleh seseorang yang mengaku tim pemenangan pasangan calon kepala daerah.

Orang tersebut meminta Teshar membuat uang palsu pecahan Rp50 Ribu dengan total mencapai Rp500 Juta. ‎Ia pun dijanjikan pembayaran senilai Rp200 Juta, jika memenuhi permintaan tersebut.

"‎Aku enggak tahu dia tim pemenangan pasangan siapa. Tapi katanya uang itu untuk dibagikan ke masyarakat untuk kepentingan pilkada. Tapi belum sempat kubuat, aku sudah ditangkap," ujar Teshar, Jumat (4/12/2015).

‎"Kami belum pernah bertemu memang. Tapi katanya dia kenal aku dari seseorang yang pernah mendapatkan sample uang palsu dari aku," sambungnya.

Sementara itu, Kapolsek Helvetia, Kompol Ronni Bonic mengatakan uang palsu yang diproduksi Teshar tergolong baik. Bahkan jika hanya dilihat sepintas, akan tampak seperti asli.

"Hampir tidak ada beda dengan uang asli, kalau cuma dilihat kasat mata. Tapi memang kalau terkena air, tinta di uang palsu buatan tersangka Meluber. Makanya masyarakat harus hati-hati," tandas Ronni.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini