nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Semua TPS di Medan Dijaga Polisi & TNI

Akbar Dongoran, Jurnalis · Sabtu 21 November 2015 03:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 11 21 340 1253261 tak-semua-tps-di-medan-dijaga-polisi-tni-B1IyklI11o.jpg Polisi (Foto: Ilustrasi)

MEDAN - Pada pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) Kota Medan 2015 ini, tak semua tempat pemungutan suara (TPS) akan mendapatkan pengawalan langsung dari petugas Polri dan TNI. Pasalnya, jumlah personel gabungan baik itu dari Polri dan TNI yang diturunkan lebih sedikit dari seluruh jumlah TPS yang ada di Medan.

Kapolresta Medan, Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto mengatakan, jumlah personel yang akan diturunkan pada masa kampanye di Medan sebanyak 1.386 orang. Sementara saat pemungutan suara 9 Desember 2015, personel yang diturunkan sebanyak 1.868 orang. Sedangkan jumlah TPS yang melakukan pemungutan suara mencapai 2.375 TPS.

"Terdiri dari personel Polresta yang mencapai 2/3 kekuatan total kita. Lalu dari Sabhara dan Brimob Polda Sumut, serta Bawah Kendali Operasi (BKO) TNI dari Kodim 02/01 BS sebanyak 100 personel. Total TPS-nya, 2.375 TPS," ujar Mardiaz, Jumat (20/11/2015).

‚ÄéMardiaz mengatakan, hingga saat ini belum ada lokasi di Medan yang tergolong rawan konflik. Meski begitu pihaknya tetap melakukan upaya antisipasi berlapis.

"Kita gunakan pola Aman, Rawan I dan Rawan II. Hal ini dilakukan sesuai jarak jangkau per TPS disesuaikan dengan kondisi jumlah personel Polresta Medan, dan petugas TPS," paparnya.

"Untuk daerah Rawan I, kita akan menurunkan dua personel untuk mengamankan satu TPS dibantu dua PPTPS. Kemudian untuk daerah Rawan II, pihaknya menurunkan dua personel mengamankan tiga TPS bersama enam PPTPS. Sedangkan untuk daerah Aman, personel yang diturunkan dua orang untuk menjaga TPS bersama sepuluh PPTPS," jelasnya.

Sementara itu, Kapolresta Belawan, AKBP Edy Suwandono mengatakan, wilayah hukumnya yang terdiri dari empat Kecamatan dan 23 Kelurahan akan menurunkan sebanyak 482 personel untuk mengamankan 649 TPS di wilayah hukum Polresta Belawan . Dari jumlah itu, 28 TPS rawan konflik yakni di kawasan Belawan I dan Belawan II.

Pilkada Medan sendiri akan diamankan oleh dua polres sehubungan dengan terbaginya wilayah Medan menjadi dua wilayah hukum tingkat resort. Yakni resort Belawan dan resort Kota Medan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini