Share

Empat Batu Akik Paling Fenomenal asal Tanah Rencong

Rizka Diputra, Okezone · Senin 29 Februari 2016 20:18 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 29 340 1324257 empat-batu-akik-paling-fenomenal-asal-tanah-rencong-NDfbQk0PUo.jpg Berbagai Jenis Batu Akik Asal Aceh (Foto: Dok. Okezone)

Meski pamor batu akik sudah meredup, namun batu akik tetap mendapat tempat di hati para penggemarnya sampai kapanpun.

Salah satu batu akik yang paling dikagumi dan diburu ialah batu giok asal Aceh. Warnanya yang cantik dengan tingkat kekerasan batu yang lumayan tinggi membuat batu ini semakin memikat.

Batu giok Aceh pertama kali muncul dan ramai diperbincangkan orang pada tahun 2013 silam. Hingga akhirnya batu alam asli dari Tanah Rencong itu populer hingga sekarang dan banyak tersebar di berbagai wilayah di Tanah Air.

Batu giok Aceh ada beragam jenisnya. Setiap jenis memiliki ciri khas dan warna yang cantik serta unik. Berikut ini empat jenis batu giok Aceh paling diburu penggemar batu akik baik lokal maupun mancanegara versi Okezone.

Giok Lumut (Idocrase)

Batu giok lumut (idocrase) Aceh merupakan jenis batuan langka asli Indonesia yang menjadi incaran banyak penghobi dan penggemar batu akik. Batu ini memiliki warna hijau lumut yang sangat indah.

 

(foto: batugiokaceh.com)

Batu idocrase lumut selain di Aceh juga dapat ditemukan di wilayah Sumatera Barat, namun dengan nama berbeda yakni batu akik lumut sungai dareh. Ada varian batu idocrase Aceh paling fenomenal yakni idocrase bio solar yang beberapa waktu lalu menjuarai kontes batu alam yang dihelat di Jakarta.

Giok Nephrite

Batu giok nephrite merupakan batu alam yang mengandung mineral silikat natrium dan magnesium. Batu ini mempunyai tingkat kekerasan antara 6 hingga 6,5 skala mohs.

 

(foto: asianart.com)

Giok nephrite ini juga berwarna hijau namun agak pekat. Batu ini sekilas mirip dengan batu giok asal negeri Tiongkok, namun memiliki kandungan mineral berbeda.

Giok Hitam (Black Jade)

Batu giok berwarna hitam pekat dan serat warna hijau ini termasuk salah satu varian giok asli Tanah Rencong, tepatnya dari Desa Gayo, Aceh Barat. Kelebihan batu black jade ialah dapat lengket pada medan magnet, karena ia memiliki kandungan unsur besi (Fe).

 

(foto: greencrosstoad.co.uk)

Hal inilah yang menyebabkan batu black jade sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Batu ini berkhasiat mengatur suhu tubuh menjadi stabil, sehingga melancarkan peredaran darah ke jantung.

Giok Bio Solar

Batu bio solar termasuk varian lain dari idocrase yang semakin banyak diburu oleh para pecinta batu akik. Pasalnya, keberadaan batu bio solar tersebut sudah semakin langka.