Share

Jangan Nekat Pakai Batu Ini sebagai Cincin!

Rizka Diputra, Okezone · Rabu 20 Januari 2016 15:46 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 20 340 1292842 jangan-nekat-pakai-batu-ini-sebagai-cincin-Qi5EfMlURc.jpg ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Batu akik maupun permata kerap dijadikan mata sebagai pelengkap perhiasan cincin. Banyak batu permata yang sudah populer diikat cincin seperti batu Emerald (Zamrud), Sapphire, Ruby, Citrine maupun Garnet.

Namun, siapa sangka, di balik keindahan kemilau batu permata, ternyata ada beberapa batu yang sama sekali tidak boleh dijadikan cincin karena mengandung zat berbahaya bagi tubuh manusia.

Dari berbagai penelitian menunjukkan bahwa jenis batu tertentu mengandung zat yang dapat membahayakan nyawa manusia alias menyebabkan kematian. Berikut jenis batu yang "diharamkan" untuk diikat menjadi cincin sebagaimana dirangkum Okezone dari berbagai sumber :

1. Batu Cinnabar

Batu berwarna merah dengan nama lain mercury sulfide ini biasanya ditemukan di area gunung berapi. Batu tersebut dan memiliki kadar merkuri cukup tinggi yang berbahaya bagi tubuh manusia. Jika manusia terkena olehnya, maka tubuh akan menddak mati rasa, dan jika tidak segera ditangani maka akan menyebabkan kematian. Namun, ada kepercayaan pada zaman dahulu bahwa batu kristal ini memiliki tuah menyembuhkan penyakit tertentu bila digunakan sesuai kadar yang pas.

2. Batu Chalcanthite

Batu kristal berwarna biru eksotis ini mengandung unsur tembaga, belerang, maupun air. Jika kadarnya berlebihan, maka dapat mengeluarkan racun yang tentu berbahaya bagi tubuh manusia. Sebagai contoh, jika unsur tembaga pada batu Chalcanthite dilarutkan ke dalam air dan dipakai untuk menyiram tanaman atau tumbuhan, maka tanaman itu akan mati seketika.

3. Batu Arsenopyrite

Batu Arsenopyrite sekilas terlihat mirip dengan emas. Uniknya, kristal mirip emas ini memiliki debu yang mengeluarkan bau mirip bawang putih.

Batu ini mengandung unsur arsenik sulfida yang jika masuk ke tubuh manusia dapat berdampak kematian. Batu ini dipastikan beracun, dan konon disebut-sebut dapat memicu penyakit kanker.

4. Batu Orpiment

Batu Orpiment terdiri dari campuran arsenik dan sulfur yang reaktif. Jika batu Orpiment dipegang maka dapat melepaskan zat karsinogen, salah satu pemicu kanker pada tubuh manusia. Zat ini juga menyebabkan keracunan arsenik pada saraf.

Menurut cerita, bangsa Tiongkok pada zaman dahulu menggunakan busur panah yang sudah digosokkan pada batu kristal ini untuk meracuni musuhnya. Bubuk serpihan batu ini sangat beracun apalagi terkena sinar matahari secara langsung.

5. Batu Torbernite

Batu Torbernite dari fisiknya berbentuk prisma berwarna hijau. Batu ini terbentuk dari uranium, di mana terbentuk atas reaksi kompleks antara fosfor, tembaga, air, dan uranium. Meski terlihat indah, berhati-hatilah jika terjadi pembusukan uranium yang terkandung dalam batu.

Sebab, batu tersebut secara tiba-tiba akan mengeluarkan gas yang dapat memicu kanker paru dan berpotensi menyebabkan kematian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini