nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Antisipasi Flu Burung, Warga Diminta Melaporkan Kematian Unggas

Syaiful Islam, Jurnalis · Minggu 27 Maret 2016 14:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 03 27 519 1346655 antisipasi-flu-burung-warga-diminta-melapor-jika-ada-unggas-mati-8JI4IXoGNU.jpg Ilustrasi

BANGKALAN - Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur meminta masyarakat lebih proaktif untuk mencegah menularnya virus flu burung di wilayah Kabupaten Pamekasan.

Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Pamekasan, Rusdi Saleh meminta masyarakat segera melapor jika ada unggas yang sakit tidak wajar dan mati mendadak.

"Makanya timbul gejala ataupun tidak harus segera melaporkan ke Puskesmas setempat agar segera dilakukan pemeriksaan darah," terang Rusdi, Minggu (27/3/2016).

Hal itu sebagai langkah pencegahan karena dikhawatirkan penyakitnya menular ke manusia. Sementara berkaitan dengan unggasnya merupakan wewenang dari Dinas Peternakan.

"Kalau unggasnya itu urusan dinas peternakan. Kita sudah koordinasi untuk melakukan sosialisasi," imbuh Rusdi.

Sementara untuk langkah penanganan, dirinya sudah berkoordinasi dengan puskesmas dan rumah sakit untuk menyiapkan sarana dan prasarana agar jika ada pasien flu burung bisa cepat ditangani.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini