nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapal Indonesia Kembali Dibajak, 4 WNI Diculik & 1 Ditembak

Arief Setyadi , Jurnalis · Sabtu 16 April 2016 03:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 04 16 337 1364473 kapal-indonesia-kembali-dibajak-empat-wni-diculik-xJocZAXnQi.jpg Ilustrasi pembajakan (Dok. Okezone)

JAKARTA - Urusan warga negara Indonesia (WNI) yang disandera kelompok bersenjata Abu Sayyaf belum tuntas. Dua kapal berbendera Indonesia kembali dibajak, yakni Kapal Tunda TB Henry dan Kapal Tongkang Cristi dibajak di perairan perbatasan Malaysia-Filipina.

Siaran pers Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI menjelaskan, pembajakan terjadi pada Jumat 15 April 2016 sekira pukul 18.31 WIB. Kapal tersebut diketahui dalam perjalanan kembali dari Cebu, Filipina menuju Tarakan.

"Kapal membawa 10 orang ABK (Anak Buah Kapal) WNI. Dalam peristiwa tersebut satu orang ABK tertembak, lima orang selamat dan empat orang diculik," demikian bunyi siaran pers Kemenlu, Sabtu (16/4/2016).

Adapun satu ABK yang tertembak sudah diselamatkan oleh polisi maritim Malaysia ke wilayah Malaysia untuk mendapatkan perawatan. Informasi terakhir yang diperoleh, meskipun mengalami luka tembak yang bersangkutan dalam kondisi stabil.

"Lima ABK lain yang selamat bersama kedua kapal dibawa oleh polisi maritim Malaysia ke Pelabuhan Lahat Datu, Malaysia," imbuh siaran pers tersebut. (rif)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini