Presiden Serbia Banggakan Sambutan Indonesia di Facebook

Silviana Dharma, Okezone · Rabu 27 April 2016 17:06 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 27 18 1374204 presiden-serbia-banggakan-sambutan-indonesia-di-facebook-kQ7v8NGdeg.jpg Papan selamat datang bagi Presiden dan Ibu Negara Serbia. (Foto: Facebook)

JAKARTA – Hari ini merupakan kali pertama Presiden Serbia Tomislav Nikolic ke Indonesia, sejak menjabat pada 31 Mei 2012. Sesuai jadwal, ia akan bertandang ke Jamrud Khatulistiwa selama tiga hari untuk menemui Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Bagi keduanya, ini merupakan pertemuan kedua. Sebelumnya, Presiden Jokowi sudah pernah bersua muka dengan Presiden Nikolic saat sama-sama menjadi peserta Konferensi COP21 di Paris, Prancis pada 30 November 2015.

Kedatangan Nikolic ke Indonesia disambut hangat. Sejak turun dari pesawat, ia bersama Ibu Negara Serbia Dragica Ninkovic disambut oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Ketika dalam perjalanan, Presiden Serbia keempat itu juga antusias melihat wajahnya dan wajah ibu negara terpampang berdampingan dengan potret Jokowi dan Iriana di jalan keluar bandara.

Dilansir dari B92, Rabu (27/4/2016), papan selamat datang itu sampai dipamerkan fotonya di laman Facebook Nikolic. Dalam penuturannya kepada awak media Serbia, Nikolic menyatakan hubungan antar kedua negara memang sudah terjalin dengan luar biasa baik sejak awal. Tinggal kerja sama ekonomi dan sektor potensial lainnya saja yang perlu diperkuat.

Selain bertemu Jokowi, orang nomor satu di Serbia ini rencananya juga akan menyaksikan penandatanganan dua dokumen perjanjian, yaitu perjanjian visa dan paspor diplomatik dan dinas antara Menteri Luar Negeri Indonesia Retno LP Marsudi dan Menteri Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Pengembangan Teknologi Serbia Srdjan Verbic. Kesepakatan ini memungkinkan delegasi dari kedua negara bebas keluar masuk dalam jangka waktu 30 hari.

Kedua, ialah penandatanganan kerja sama bidang pendidikan antara Mendikbud RI Anies Baswedan dan Srdjan Verbic. Melalui perjanjian ini, kedua negara berkomitmen meningkatkan pengetahuan serta kemampuan intelektual anak bangsa dengan jalan pertukaran pengajar dan tenaga pendidikan, informasi dan dokumen ilmiah.

Jumlah WNI di Serbia menurut data KBRI Beograd per 2015 sebanyak 120 orang. Sementara jumlah wisatawan Serbia-Montenegro yang masuk ke Indonesia tercatat sedikitnya 2451 orang per data 2014.

Sebelum ini, Indonesia dan Serbia juga mempunyai kerja sama dialog lintas agama. Pertama kali diselenggarakan di Beogard pada 7-9 April 2011, kedua di Jakarta pada Oktober 2013 dan terakhir di Ibu Kota Serbia lagi pada 9-12 November 2015 dengan tema Youth in Intercultural and Interfaith Dialogue: Perspective, Opportunies and Challenges.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini