Share

Anjingnya Lakukan Salam Nazi, Pria Skotlandia Ditangkap

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Selasa 10 Mei 2016 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 10 18 1384298 anjingnya-lakukan-salam-nazi-pria-skotlandia-ditangkap-n1Rw3nxkv8.jpg Anjing pug (Foto: Olena Savytska/Getty Images)

COATBRIDGE – Malangnya nasib pria asal Coatbridge, North Lanarkshire, Skotlandia, ini. Pria yang tidak diketahui namanya itu ditangkap petugas kepolisian gara-gara sebuah video yang diunggah secara online menunjukkan anjing kesayangannya melakukan salam ala Nazi.

Video tersebut memperlihatkan seekor anjing pug tengah duduk di depan layar yang menampilkan wajah pemimpin Nazi Jerman Adolf Hitler dan terlihat melakukan salam Nazi. Akibatnya, pria berusia 28 tahun itu harus bersiap menghadapi dakwaan penyebaran kebencian. Polisi menilai video tersebut menyebar luas di masyarakat serta menimbulkan luka bagi banyak orang.

“Seorang pria berusia 28 tahun ditangkap pada Kamis 28 April 2016 atas dugaan publikasi materi ofensif secara online (penyalahgunaan komunikasi elektronik di bawah Undang-Undang Nomor 23 tentang Komunikasi),” ujar juru bicara Kepolisian Skotlandia, seperti dimuat The Guardian, Selasa (10/5/2016).

Detektif Polisi David Cockburn mengatakan bahwa aksi mengunggah materi ofensif tidak ditoleransi oleh pihaknya. “Polisi akan bertindak cepat untuk mengatasi kejahatan bermotif kebencian terhadap agama, etnis, identitas gender, orientasi seksual, atau cacat fisik,” terangnya.

Laporan atas kasus tersebut telah diajukan kepada pengadilan. Cockburn memastikan kejahatan kebencian atau hate crime tidak memiliki tempat di Skotlandia dan akan ditindak secara tegas.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(wab)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini