China Gusar dengan Deklarasi KTT G7

Emirald Julio, Okezone · Minggu 29 Mei 2016 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 29 18 1400492 china-gusar-dengan-deklarasi-ktt-g7-mf1ZahpNoW.jpg Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying (Foto: Uscnpm.org)

BEIJING – China dikabarkan gusar setelah mendengar deklarasi KTT G7 yang mengkritisi Negeri Tirai Bambu terkait wilayah sengketa Laut China Selatan.

“Sebagai tuan rumah dari KTT G7, Jepang melebih-lebihkan isu Laut China Selatan dan mengipasi api ketegangan (disana). China sangat tidak puas dengan apa yang dilakukan oleh Jepang dan G7,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, sebagaimana dilansir dari China Daily, Minggu (29/5/2016).

Dilaporkan, Chunying mendesak agar anggota negara G7 menghormati komitmen mereka untuk tidak ikut campur dalam masalah sengketa di Laut China Selatan.

Pada deklarasi yang dirilis pada Jumat 27 Mei 2016 oleh KTT G7, memang terdapat rasa prihatin dari para negara anggota terkait situasi di wilayah Laut China Selatan dan meminta diadakannya penyelesaian ketegangan di wilayah tersebut dengan jalan damai.

Dikabarkan, seorang pengamat dari Institut Studi Jepang di Chinese Academy of Social Sciences, Lyu Yaodong, mengatakan Negeri Sakura telah mengangkat isu Laut China Selatan ke ranah internasional.

“(Jepang) telah mendorong isu (Laut China Selatan) di deklarasi para menteri luar negeri anggota G7 dan (deklarasi) para pimpinan KTT G7. Hal ini jelas merupakan tindakan yang merugikan bagi hubungan China-Jepang dan mengancam perdamaian serta stabilitas regional,” ujar Yaodong.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini