Share

Boko Haram Rilis Video Puluhan Perempuan Nigeria yang Disandera

Emirald Julio, Okezone · Senin 15 Agustus 2016 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 15 18 1463729 boko-haram-rilis-video-puluhan-perempuan-nigeria-yang-disandera-DZwfgjgkqg.jpg Potongan gambar Maida Yukubu di rekaman yang dirilis Boko Haram (Foto: BBC)

CHIBOK – Kelompok militan Boko Haram pada Minggu 14 Agustus merilis video puluhan perempuan yang selama ini mereka sandera. Para perempuan malang itu merupakan bagian dari ratusan siswi yang menjadi korban penculikan di Chibok, Nigeria, pada 2014.

Dilaporkan, video tersebut dirilis dengan tujuan agar Pemerintah Nigeria mau menukar para militan Boko Haram yang ditangkap dengan para siswi Chibok tersebut.

Dalam rekaman itu terlihat satu pria berbaju tentara yang dikabarkan sebagai komandan dari kelompok afiliasi dari ISIS tersebut. Ia dengan tegas meminta Pemerintah Nigeria melepaskan para militan yang saat ini berada dalam penahanan.

“Permintaan kami tetap sama. Kami ingin pemerintah melepaskan pejuang kami yang sudah ditahan lama. Jika tidak, kami tidak akan melepaskan para perempuan ini,” ujar sang komandan Boko Haram, sebagaimana dikutip dari Telegraph, Senin (15/8/2016).

Pada rekaman itu, ia juga menuduh serangan udara Pemerintah Nigeria telah menyebabkan beberapa siswa yang diculik tersebut tewas. Dilaporkan, video ini merupakan bukti pertama yang menunjukkan bahwa para siswi yang diculik oleh kelompok teroris tersebut masih hidup.

“Apa yang bisa saya katakan adalah seharusnya para orangtua kami berbicara dengan pemerintah agar kami diizinkan pulang. Kami sangat menderita di sini, tidak ada makanan untuk dimakan, tidak ada air untuk diminum,” kata salah satu sandera bernama Maida Yakubu.

Para perempuan malang tersebut merupakan siswi dari sebuah sekolah Kristen di Chibok. Namun pada 14 April 2014 malam, Boko Haram menculik  dan menyandera 276 siswi di sekolah tersebut.

Dilaporkan, puluhan siswi ini ketika berada dalam penahanan kelompok teroris itu. Mereka dipaksa masuk agama Islam dan diduga sudah ada beberapa yang dijual ke para komandan Boko Haram.

Berikut ini rekaman para perempuan yang disandera Boko Haram tersebut:

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini