Bertema Politik, Kota di Jerman Batalkan Pameran Gambar Anak Palestina

Emirald Julio, Okezone · Minggu 21 Agustus 2016 01:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 21 18 1469033 bertema-politik-kota-di-jerman-batalkan-pameran-gambar-anak-palestina-zWUL0SCqRq.jpg Salah satu gambar yang akan dipamerkan di pameran tersebut (Foto: Twitter)

HEIDELBERG – Otoritas di Kota Heidelbberg, Jerman disebut telah membatalkan pameran gambar anak Palestina. Pihak penyelenggara menuturkan otoritas kota tersebut mengklaim gambar-gambar anak tersebut sarat tema politik.

Media cetak setempat RNZ mewartakan pameran yang diselenggarakan oleh kelompok pro-Palestina di Jerman, “Palastina-/Nahost-Initiative” dibatalkan sesaat sebelum pameran itu dimulai pada 10 Agustus.

Pameran berjudul “Pengalaman, Ketakutan dan Mimpi – Anak di Palestina,” bila jadi diselenggarakan maka akan memperlihatkan gambar anak-anak Palestina yang tinggal di pusat rehabilitasi yang berlokasi di Gaza dan Ramallah.

Sebagaimna dikutip dari Russia Today, Minggu (21/8/2016) Agnes Bennhold selaku panitia penyelenggara menuturkan ia sangat marah dengan otoritas setempat yang secara sepihak membatalkan pameran itu. Dilaporkan, otoritas Kota Heidelberg mengakui pembatalan tersebut memang bersifat mendadak usai mengetahui terdapat kekhawatiran secara politik dengan isi dari pameran itu.

“Sejak kota ini netral dengan isu itu (Palestina-Israel) penyelenggaran pameran dengan tema politik kuat seperti ini tidak dapat di akomodasi oleh kota (otoritas Kota Heidelberg),” ujar otoritas Kota Heidelberg melalui pernyataan.

Seorang juru bicara Kota Heidelberg menegaskan terdapat kata yang bertuliskan jihad, kebebasan serta Yerusalem dalam bahasa Arab sehingga hal ini dianggap telah melewati “garis batas” dan menjadi alasan utama pembatalan pameran tersebut. Sebenarnya pameran ini pernah diadakan di kota Jerman lainnya seperti di Munich, Bonn dan Stuttgart. Namun, ini pertama kalinya otoritas setempat secara sepihak membatalkannya.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini