nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Uji Coba, Korut Ledakkan 10 Kiloton Nuklir

Emirald Julio, Jurnalis · Jum'at 09 September 2016 10:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 09 09 18 1485365 korut-kali-ini-menguji-coba-nuklir-berkekuatan-10-kiloton-JLuqYEC2UT.jpg Foto citra satelit lokasi pengembangan nuklir Korut yang bernama Pyunggye-ri (Foto: Googgle Earth)

KILJU – Kementerian Pertahanan Korea Selatan (Korsel) membenarkan kabar bahwa Korea Utara (Korut) diduga kembali melakukan uji coba nuklir. Uji coba yang diadakan di Fasilitas Nuklir Korut Pyunggye-ri di Kilju itu menimbulkan guncangan yang serupa dengan gempa.

“Berdasarkan hasil analisis, kami berkesimpulan bahwa Korut telah mengadakan uji coba nuklir,” ujar pejabat Kemhan Korsel, sebagaimana dikutip dari Yonhap, Jumat (9/9/2016).

Pejabat itu menambahkan, kekuatan dari ledakan nuklir Korut tersebut diduga sebesar 10 kiloton. Dilaporkan, Presiden Korea Selatan Park Geun-hye juga akan mengadakan rapat darurat di Gedung Biru (Istana Kepresidenan Korsel) terkait laporan uji coba nuklir Korut.

Media Kyodo News mewartakan, Pemerintah Jepang telah mengajukan protes resmi atas tindakan Korut ini. Nota protes dikirim ke Pyongyang melalui jaringan diplomatis China.

Otoritas keamanan Amerika Serikat (AS) juga mengatakan terus menghubungi sekutunya di Semenanjung Korea untuk memastikan Korut memang mengadakan uji coba nuklir. Dewan Keamanan Nasional AS juga menyatakan terus memonitor situasi di sana. (emj)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini