nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Suu Kyi Sambut Baik Inisiatif PBB untuk Muslim Rohingya

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 22 September 2016 05:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 09 22 18 1495536 suu-kyi-sambut-baik-inisiatif-pbb-untuk-muslim-rohingya-WXbOlE4NGO.jpg Aung San Suu Kyi menyambut baik inisiatif PBB untuk Muslim Rohingya (Foto: Carlo Allegri/Reuters)

NEW YORK – Puluhan tahun menghabiskan hidup sebagai tahanan politik, Aung San Suu Kyi akhirnya berkesempatan berpidato sebagai pimpinan delegasi Myanmar di Sidang Tahunan Majelis Umum PBB di New York, Amerika Serikat (AS).

Putri tokoh kemerdekaan Myanmar Jenderal Aung San itu paham bahwa dunia internasional menyoroti kekerasan berdarah di Negara Bagian Rakhine. Sebagaimana diketahui, Muslim Rohingya menjadi korban kekerasan serta penindasan dari umat Buddha di Rakhine pada 2012.

“Selama beberapa tahun terakhir ini, fokus perhatian dunia kepada Myanmar adalah situasi di Negara Bagian Rakhine. Sebagai anggota perserikatan bangsa-bangsa yang bertanggung jawab, kami tidak takut terhadap pengawasan dunia internasional,” ucap Suu Kyi, sebagaimana dikutip ABC News, Kamis (22/9/2016).

“Kami berkomitmen terhadap solusi berkelanjutan yang akan mendatangkan kedamaian, stabilitas, dan pengembangan dari seluruh komunitas di Negara Bagian Rakhine,” janji perempuan berusia 71 tahun itu.

Sayangnya, Aung San Suu Kyi tidak menyebut langsung Rohingya dalam pidato tersebut. Sebutan itu masih menjadi isu sensitif di kalangan umat Buddha di Rakhine. Mereka masih menganggap bahwa Muslim Rohingya adalah imigran ilegal asal Bangladesh yang disebut sebagai Bengali.

Mantan Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan tengah memimpin panel penasihat yang bertujuan untuk menemukan solusi jangka panjang terhadap konflik di Rakhine. Suu Kyi mengatakan, komisi berisi sembilan anggota itu akan menyelesaikan isu kemanusiaan, pengembangan, hak-hak dasar, dan keamanan di Rakhine.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini