Basarnas Hentikan Pencarian 11 ABK yang Masih Hilang

Syaiful Islam, Okezone · Rabu 30 November 2016 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 30 519 1555505 basarnas-hentikan-pencarian-11-abk-yang-masih-hilang-jRwt56j0UJ.jpg Ilustrasi (Okezone)

SURABAYA – Basarnas Surabaya telah resmi menghentikan pencarian terhadap 11 anak buah kapal (ABK) KM Mulya Sejati yang hilang di Perairan Pantura, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Pasalnya dari pencarian selama 10 hari, masih belum menemukan tanda-tanda korban yang hilang di lautan.

“Kami menghentikan pencarian terhadap 11 ABK yang masih hilang mulai tadi malam. Karena kami sudah 10 hari melakukan pencarian di lautan,” terang Kepala Basarnas Surabaya, Arivin, Rabu (30/11/2016).

Ia melanjutkan, pihaknya menghentikan pencarian karena ingin melepas lelah dan penat, sehingga petugas tidak stres. Penghentian sendiri sifatnya sementara. Artinya bila ada tanda-tanda korban ditemukan, maka akan dilakukan pencarian kembali.

“Ini sifatnya sementara, kami akan lakukan pencarian lagi ketika ada tanda-tanda korban. Sebelum melakukan pencarian kembali, kami harus mengisi bahan bakar kapal dan kebutuhan sandang pangan, serta kebutuhan yang lain,” paparnya.

Arivin menambahkan, selama ini Basarnas yang dibantu Pol Air, BPBD, KPLP, TNI, serta nelayan setempat sudah berusaha sekuat tenaga dalam melakukan pencarian. Namun, tim baru menemukan 4 dari 15 ABK yang hilang.

“Semua ABK yang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Kami berharap jika ada kapal atau nelayan yang menemukan tanda-tanda korban supaya melapor, nanti akan ditindaklanjuti,” jelas Arivin.

Seperti diketahui, KM Mulya Sejati yang membawa 27 ABK ditabrak Kapal MV Thaison IV di Perairan Pantura, Tuban, sekira pukul 04.00 WIB pada 19 November 2016. Akibatnya, KM Mulya Sejati terbelah menjadi dua dan tenggelam.

Para ABK yang tengah tidur pulas langsung terbangun dan berusaha menyelamatkan diri. Namun, hanya 12 ABK yang berhasil menyelamatkan diri. Sementara 15 ABK lainnya hilang. Dalam perkembangannya, 4 dari 15 ABK ditemukan dalam kondisi sudah meninggal.

(fas)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini