Share

Sepertiga Beruang Kutub Akan Punah pada 2056

Silviana Dharma, Okezone · Rabu 07 Desember 2016 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 07 18 1560669 sepertiga-beruang-kutub-akan-punah-pada-2056-WQUT8WqMI7.jpg Ilustrasi. Beruang Kutub di Arktik. (Foto: Shutterstock)

POPULASI beruang kutub di dunia semakin hari semakin berkurang. Penelitian terbaru memperkirakan, jumlah mamalia Arktik ini akan menurun secara drastis, yakni sepertiga dari yang ada sekarang dalam 35 sampai 41 tahun lagi.

Melansir Daily Mail, Rabu (7/12/2016), jumlah beruang kutub saat ini adalah 26 ribu ekor. Hal itu menunjukkan jika sepertiganya akan punah, angkanya tersisa 17 ribu ekor pada 2056. Persentase kepunahan akan terjadi secara bertahap. Mula-mula 30% pada generasi pertama, lalu 50% dan pada generasi ketiga bisa 71 hingga 80%.

Studi itu menemukan penyebab penurunan populasi tersebut adalah akibat es yang meleleh. Seperti diketahui, pemanasan global telah mengakibatkan es di kutub dunia mencair lebih cepat dan dampaknya langsung kepada para penghuninya. Tepatnya membuat para beruang kutub harus berjuang lebih keras untuk bertahan hidup dan mendapatkan pasokan makanan.

Para beruang itu butuh daratan es untuk mencapai mangsanya, yakni dengan membuat lingkaran seperti cincin di atasnya lalu menangkap para anjing laut yang lewat. Sedikitnya ada 19 sub-populasi yang ditemukan peneliti dan hanya beberapa lautan es yang menjadi tempat pemburuan paling produktif. Sekira dua dari 19 sub-populasi itu diketahui sudah pernah mengalami krisis kepunahan.

Selain itu, prediksi para ilmuwan didukung dengan penemuan sejumlah beruang kutub yang menunjukkan tanda-tanda kekurangan gizi. Data penelitian merupakan gabungan dari usia generasi beruang kutub dengan proyeksi lautan es, berdasarkan data satelit dan simulasi komputer.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini