Otoritas China Sebut Ada Warganya yang Terjangkit Flu Burung

Emirald Julio, Okezone · Jum'at 23 Desember 2016 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 22 18 1573755 otoritas-china-sebut-ada-warganya-yang-terjangkit-flu-burung-HUrmaskyhS.jpg Foto proses pemusnahan unggas di Hong Kong pada 2011 (Foto: AFP/Getty Images)

XIAMEN – Otoritas China mengatakan ada dua orang di negaranya yang terindikasi terjangkit virus flu burung. Tertularnya dua orang di Negeri Tirai Bambu terjadi ketika Korea Selatan dan Jepang terus berusaha menekan wabah flu burung di peternakan-peternakan unggas yang ada di kedua negara.

Media Xinhua mewartakan, otoritas Kota Xiamen pada Kamis 22 Desember 2016 memerintahkan penghentian sementara penjualan hewan unggas di Distrik Siming. Pasalnya, seorang pria berusia 44 tahun dilaporkan terdiagnosis menderita virus flu burung H7N9 pada Minggu 18 Desember.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Jumat (23/12/2016), Otoritas Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit Kota Xiamen mengatakan saat ini pasien tersebut sedang menjalani perawatan di rumah sakit dan dalam keadaan yang stabil. Selain itu, masih ada satu pria paruh baya di Hong Kong yang dinyatakan terjangkit virus yang serupa pada awal pekan ini.

Laporan mengenai flu burung di China tersebut menyeruak ketika Jepang dan Korsel terus-menerus melakukan pemusnahan terhadap ratusan ribu unggas di negara mereka. Kedua negara terus menekan wabah flu burung dengan jenis yang berbeda. Dikabarkan virus flu burung yang ada di Jepang dan Korsel adalah jenis H5N6.

Otoritas China menegaskan akan melarang impor produk hewan unggas dari negara-negara yang sedang terjangkit flu burung.

(emj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini