Indonesia Pastikan Keluar dari Enam Organisasi Internasional

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Jum'at 23 Desember 2016 12:25 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 23 18 1574047 indonesia-pastikan-keluar-dari-enam-organisasi-internasional-8sL84WG1QH.jpg Indonesia akan mengevaluasi keanggotaan di 233 organisasi internasional. (Foto: Flickr ILO)

JAKARTA - Presiden Indonesia Joko Widodo memerintahkan pemangkasan keanggotaan di organisasi internasional. Sebanyak 75 keanggotaan internasional harus dievaluasi.

Saat ini, Indonesia tercatat menjadi anggota pada 223 organisasi internasional. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir menyampaikan, Indonesia sudah pasti keluar dari enam organisasi internasional.

"Kita sifatnya mengkaji ulang keanggotaan di 75 organisasi internasional. Kita melihat biaya yang tinggi dari segi anggaran dan segi kontribusi terutama manfaatnya apa. Banyak yang kita ikuti perannya tertutupi organisasi internasional lain," ujar pria yang akrab disapa Pak Tata itu dalam press briefing mingguan di Kementerian Luar Negeri, Jumat (23/12/2016).

"Keikutsertaan dalam organisasi internasional sifatnya tidak ada paksaan. Ada enam organisasi yang sudah pasti kita keluar karena tidak banyak manfaatnya buat kita. Daripada dilanjutkan tetapi tidak sehat, lebih baik diakhiri saja," sambung Tata.

Sayangnya, pria berkacamata itu enggan menyebut keenam organisasi internasional tersebut. Tata beralasan, penyebutan hal itu tidak etis.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menuturkan ada 112 keanggotan yang bersifat strategis dan permanen sehingga patut dipertahankan. Ada pula 45 keanggotaan yang bersifat teknis yang juga diputuskan untuk tetap dilanjutkan.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini