Satu-satunya Mantan Presiden AS yang Hadiri Pelantikan Trump

Silviana Dharma, Okezone · Sabtu 24 Desember 2016 17:06 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 24 18 1575062 satu-satunya-mantan-presiden-as-yang-hadiri-pelantikan-trump-KGMFSDglUd.jpg Presiden ke-39 AS, Jimmy Carter. (Foto: Getty Images)

WASHINGTON – Hari pelantikan Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat semakin dekat. Tamu undangan dan daftar hadirin lain telah dipersiapkan. Lalu di antara sekian banyak mantan Presiden AS, baru satu yang memastikan hadir dalam momen bersejarah tersebut.

Ia adalah Jimmy Carter, presiden ke-39 AS yang pernah menerima hadiah Nobel Perdamaian pada 2002. Dari segi politik, mantan Senat Georgia tersebut berasal dari Partai Demokrat. Dia juga menyatakan dukungannya untuk Hillary Clinton pada Pemilihan Presiden AS kali ini.

Akan tetapi, Carter tidak akan mengambil hati soal itu dan berjanji akan tetap datang ke acara pelantikan Trump pada 20 Januari 2017. Hal itu diumumkan sendiri oleh Carter ketika menghadiri sekolah minggu di Georgia pada awal bulan ini.

Seperti dilansir New York Post, Sabtu (24/12/2016), sesuai tradisi, semua yang pernah menjabat sebagai presiden Negeri Paman Sam dan masih hidup pasti akan diundang untuk menghadiri upacara pelantikan suksesor mereka. Akan tetapi, tidak semua mantan presiden itu berpartisipasi secara konsisten. Dikarenakan berupa undangan, jadi mereka boleh datang, boleh juga tidak.

Presiden ke-43 AS, George W Bush; dan ayahnya George HW Bush yang sudah duduk di kursi roda, memastikan tidak akan muncul pada acara peresmian Trump sebagai kepala negara yang baru. Demikian juga dengan Bill Clinton, istri, dan anaknya. Diduga kuat konflik politik yang memanas selama setahun terakhir memicu keduanya absen dalam kegiatan kenegaraan ini.

George Bush selaku senior di Partai Republik yang mengusung Trump, bahkan tak pernah sekali pun menampakkan diri di kampanye sang miliarder. Sebaliknya, seluruh keluarga Bush mendukung Hillary Clinton pada Pilpres AS 2016.

Carter, Bush, dan Bill datang saat Presiden Barack Obama dilantik pada periode pertamanya. Suami dari Laura Bush itu sayangnya harus alpa dari pelantikan kedua Obama karena kondisi kesehatan ayahnya, George H W Bush, sedang menurun.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini