China Bersumpah Jadi Negara Pertama Jelajahi Planet Mars

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Selasa 27 Desember 2016 20:28 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 27 18 1576953 china-bersumpah-jadi-negara-pertama-jelajahi-planet-mars-jRsdJyEv5l.jpg Tiga Astronot China Kembali dari Misi Luar Angkasa Pada 2008. (Foto: Reuters)

BEIJING - China kini tengah menggodok rencana untuk menjadi negara pertama yang mendarat di sisi paling jauh dari bulan pada 2018. Selain itu, Pemerintah China juga mengindikasikan rencana untuk meluncurkan misi penjelajahan dan penelitian Planet Mars pada 2020.

Seperti dilansir Daily Mail, Selasa (27/12/2016), China kini tengah mempercepat pembangunan laboratorium ruang angkasa. Pejabat China mengungkapkan, pembangunan tersebut bertujuan mendukung misi luar angkasa yang telah direncanakan tersebut. Selain itu, tujuan lain dari pembangunan laboratorium adalah untuk menjamin keamanan nasional dan keperluan penelitian ilmiah.

Kantor berita The White Paper melaporkan perkembangan program luar angkasa China telah maju dengan pesat. Sebelumnya, China melakukan misi luar angkasa pertamanya pada 2003. Hingga kini China telah melakukan enam misi luar angkasa.

China menargetkan akan menjelajahi Planet Mars pada 2020, mereka berencana melakukan eksplorasi besar-besaran dan membawa sampel dari "Planet Merah" tersebut yang nantinya akan diteliti di Bumi.

Seorang ahli luar angkasa, He Qisong, dari Shanghai University of Political Science and Law mengatakan, "Menjadi negara pertama yang mendarat di sisi terjauh dari bulan adalah tujuan utama." Hal ini akan menunjukkan bagaimana China telah menguasai teknologi luar angkasa yang mutakhir.

"China tidak pernah mengatakan sesuatu atau berbicara besar jika hal itu tidak dapat terwujud," ujar Qisong. (rav)

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini