Share

Diduga Terlibat Penembakan Klub Malam Istanbul, Dua WNA Ditangkap

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Selasa 03 Januari 2017 22:28 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 03 18 1582537 diduga-terlibat-penembakan-klub-malam-istanbul-dua-wna-ditangkap-hjYx9MPIuK.jpg Salah satu WNA yang ditangkap atas dugaan keterlibatan penembakan di kelab malam Istanbul (Foto: Sky News)

ISTANBUL – Kepolisian Turki terus memburu pelaku penembakan di kelab malam Istanbul. Sedikitnya 35 orang tewas dan 40 orang lainnya luka-luka akibat serangan di kelab malam Reina yang terletak di pinggir Selat Bosphorus itu.

Seperti dimuat Sky News, Selasa (3/1/2017), dua orang warga negara asing (WNA) diciduk polisi di Bandara Internasional Ataturk atas dugaan keterlibatan dalam penembakan tersebut. Sebelumnya, Kepolisian Turki merilis video yang menunjukkan terduga pelaku tengah berjalan di Alun-Alun Taksim. Belum diketahui apakah video itu diambil sebelum atau sesudah pelaku menjalankan aksinya.

(Wajah terduga pelaku dalam video. Foto: BBC)

Sebanyak 14 orang sudah ditahan terkait dugaan sebagai pelaku penembakan tersebut. Wakil Perdana Menteri Turki Numan Kurtulmus mengatakan, otoritas setempat semakin dekat untuk mengidentifikasi pelaku penembakan setelah berhasil mengumpulkan bukti-bukti berupa sidik jari dan ciri-ciri khususnya.

Sejumlah media Turki melaporkan, pelaku diyakini berasal dari Asia Tengah, yakni Uzbekistan atau Kyrgyzstan. Harian Haber Turk menduga pelaku adalah anggota dari komunitas Muslim Uighur yang berasal dari Provinsi Xinjiang, China. Pelaku diduga tiba di Konya, Turki, bersama dengan istri dan dua orang anaknya.

Sosok pelaku yang menggunakan kostum sinterklas itu terus diburu. Sebelum melakukan penembakan, pelaku menembak mati seorang polisi yang berjaga di luar kelab malam. Sejumlah orang harus menceburkan diri ke dalam Selat Bosphorus untuk menyelamatkan diri dari penembakan yang membabi buta tersebut.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini