Share

Polisi Tangkap Terduga Penyerangan Klub Malam Tahun Baru Di Istanbul

ant, · Selasa 17 Januari 2017 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 17 18 1593821 polisi-tangkap-terduga-penyerangan-klub-malam-tahun-baru-di-istanbul-N4PPNgZZpU.jpg Polisi Turki berjaga di dekat Kelab Reina yang menjadi lokasi penembakan pada awal tahun baru 2017. (Foto: Reuters)

ISTANBUL - Pihak Kepolisian Turki telah menangkap tersangka penyerangan menggunakan senjata api yang telah menewaskan 39 orang di klub malam Istanbul pada hari tahun baru 2017, setelah pengejaran selama dua pekan.

Media setempat melaporkan pada Selasa, 17 Januari tersangka ditangkap bersama dengan empat orang lainnya di tempat persembunyian di Istanbul.

Kantor berita Pemerintah Turki, Anadolu mengatakan bahwa terduga penyerangan dikenal sebagai Abdulgadir Masharipov ditahan bersama seorang pria asal Kirgiztan dan tiga wanita dari Mesir, Senegal dan Somalia di distrik Esenyurt Istanbul.

"Saya mengucapkan selamat kepada kepolisan yang berhasil menangkap pelaku pembantaian Ortakoy," kata Wakil Perdana Menteri Numan Kurtulmus, yang juga juru bicara pemerintah melalui akun Twitter miliknya.

"Perang menghadapi teror dan kekuatan di balik itu akan terus dilakukan sampai akhir," katanya.

Puluhan orang sebelumnya telah ditahan sehubungan dengan serangan militan ISIS yang telah mengklaim bertanggung jawab, dan mengatakan aksi itu merupakan balas dendam terhadap militer Turki atas keterlibatan mereka di Suriah.

Pada 1 Januari, penyerang melepaskan tembakan dengan senjata otomatis saat menuju Reina klub, kemudian mengisi kembali peluru berulang kali dan menembaki mereka yang terluka dan terkapar di jalan.

Warga lokal Turki serta pengunjung dari beberapa negara Arab, India dan Kanada berada di antara mereka yang tewas dalam serangan itu.

Terduga penembak yang berasal dari Uzbekistan itu tertangkap di apartemen di sebuah kompleks perumahan pada sisi Eropa dari Istanbul, dengan anaknya yang berusia empat tahun, sekitar pukul 11: 00 waktu setempat, Senin, demikian menurut situs surat kabar Hurriyet.

Sementara itu Kantor Berita Dogan memublikasikan foto tersangka dengan ciri mata hitam, luka di atas alis dan noda darah pada wajah dan kaos t-shirtnya. Juga disiarkan rekaman video yang menunjukkan polisi berpakaian sipil mengawal seorang pria yang mengenakan t-shirt putih menuju mobil.

Tersangka diperiksa di markas polisi Istanbul, sementara lainnya ditahan dalam penggerebekan di kota dengan target militan ISIS sel Uzbekistan.

Penembakan di lingkungan sekitar Ortokoy Istambul, semakin meluas hingga distrik pantai Bosphorus, terjadi hanya berselang setahun setelah negara anggota NATO itu diguncang serangkaian serangan kelompok militan ISIS dan radikal Kurdi, serta aksi kudeta yang gagal.

Satu sumber keamanan mengatakan bahwa penyerangan yang dilancarkan oleh pria bersenjata itu, tampaknya dilakukan oleh seseorang yang berpengalaman dalam perang gerilya dan mungkin telah dilatih di Suriah.

Presiden Tayyip Erdogan mengatakan, serangan yang menargetkan klub malam yang terkenal di kalangan selebriti lokal dan orang asing itu, bertujuan untuk mengeksploitasi dan memecah belah umat Muslim Sunni di negara itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini