Image

Rencana Wapres AS Setelah Tidak Lagi Menjabat

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu, 14 Januari 2017 - 05:02 WIB
Wakil Presiden AS Joe Biden berencana melanjutkan penelitian mengenai kanker (Foto: Nicholas Kamm/AFP) Wakil Presiden AS Joe Biden berencana melanjutkan penelitian mengenai kanker (Foto: Nicholas Kamm/AFP)

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menyatakan tidak akan berhenti mengabdi bagi negaranya meski harus menjadi rakyat biasa. Lalu bagaimana dengan Wakil Presiden Joe Biden? Pria berusia 74 tahun itu mengaku tidak memiliki hasrat untuk maju sebagai calon presiden pada 2020 dan memilih untuk melanjutkan penelitian mengenai kanker.

Rencana tersebut diungkapkan Biden dalam sebuah wawancara dengan acara televisi. Pria asal Pennsylvania itu mengaku hanya bercanda saat menyebut ingin berjuang meraih posisi tertinggi dalam jangka waktu empat tahun ke depan.

“Saya tidak berhasrat untuk bertarung menjadi presiden, tetapi saya punya hasrat lain untuk tetap terlibat dalam semua yang sudah saya lakukan sepanjang hidup,” ujar pria yang baru saja dianugerahi medali kehormatan itu, seperti diwartakan Independent, Sabtu (14/1/2017).

Mantan senator Delaware itu menuturkan dirinya sudah berhasil menyusun kesepakatan untuk menghabiskan dana sekira USD6 juta (setara Rp79,9 miliar). Dana tersebut akan digunakan untuk merekrut para ahli dan mantan stafnya di Gedung Putih untuk bekerja dalam kebijakan domestik dan luar negeri, penelitian mengenai kanker, serta mengatasi kekerasan terhadap perempuan.

Biden mengklaim University of Pennsylvania dan University of Delaware telah sepakat untuk menyediakan dana tersebut. Ia dikenal sebagai tokoh di balik Undang-Undang Anti-kekerasan Terhadap Perempuan yang diterbitkan pada 2000. Ia juga aktif mengampanyekan perlawanan atas kekerasan terhadap perempuan dan kekerasan dalam rumah tangga.

Joe Biden harus rela kehilangan putra sulungnya Beau Biden akibat kanker otak pada 2015. Sejak itu, ia aktif melakukan penelitian untuk mencari obat penyembuh kanker. Biden mengaku menantunya Hallie dan kedua cucunya masih merindukan sosok Beau hingga hari ini. Karena itu, ia banyak menghabiskan waktu dengan keluarga kecil Beau setiap akhir pekan.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming