Image

Selidiki Konflik FPI & GMBI, Kapolri Terjunkan Tim ke Bandung

Badriyanto, Jurnalis · Rabu, 18 Januari 2017 - 12:08 WIB
Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama Ketua MUI KH Makruf Amin (Foto: Antara) Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama Ketua MUI KH Makruf Amin (Foto: Antara)

JAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan sudah meminta Inspektur Pengawasan Umum Polri (Irwasum) menyelidiki pertikaian ormas Front Pembela Islam (FPI) dengan Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) di Bandung, Jawa Barat.

Tito meminta agar Irwasum melihat masalah FPI dengan GMBI di Bandung itu secara objektif sehingga tidak melahirkan justifikasi siapa yang salah dan benar.

"Saya minta untuk turunkan tim ke sana. Namun jangan sampai ada judgement tentang siapa yang salah dan benar. Objektif dululah," ucap Tito di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (18/1/2017).

Lebih lanjut Tito berharap tragedi tersebut menjadi yang terakhir. Sementara bagi pihak-pihak yang dipanggil untuk dimintai keterangannya sebaiknya tidak menggerakkan massa yang akan melahirkan guncangan psikologi massa.

"Karena kalau ada mobilisasi massa akan terbentuk psikologi massa. Itu berbeda dengan psikologi individu. Kalau psikologi individu bersifat rasional dan logis, tapi kalau psikologi massa itu kadang-kadang irasional," tuturnya.

Seperti diketahui, terjadi bentrokan antara massa FPI dengan GMBI di Jalan Soekarno-Hatta, tak jauh dari Markas Kepolisian Daerah Jawa Barat, setelah bubarnya massa yang mengawal pemeriksaan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab atas dugaan penistaan terhadap lambang negara.

Disinyalir pecahnya bentrokan kedua massa tersebut karena ada provokasi. Bentrokan itu pun mengakibatkan dua kendaraan dari kedua belah pihak mengalami kerusakan dan beberapa korban luka. Dini hari terjadi aksi pembakaran Kantor GMBI Bogor, Jawa Barat. Akibatnya, ada 20 oknum FPI ditetapkan sebagai tersangka pembakaran Kantor GMBI, sedangkan lima anak masih di bawah umur dan mendapatkan perlakukan khusus oleh pihak kepolisian.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming