Image

Donald Trump Resmi Dilantik Jadi Presiden Amerika Serikat ke-45

Silviana Dharma, Jurnalis · Sabtu, 21 Januari 2017 - 00:01 WIB
Pelantikan Donald Trump. (Foto: AFP) Pelantikan Donald Trump. (Foto: AFP)

WASHINGTON DC – “Saya bersumpah bahwa saya akan setia menjalankan tugas sebagai Presiden Amerika Serikat, dan dengan kemampuan untuk melakukan yang terbaik, saya akan melestarikan, melindungi, dan membela Konstitusi Amerika Serikat. Jadi Tuhan bantulah saya,” demikian juragan real estate New York, Donald Trump resmi dilantik menjadi Presiden ke-45 Amerika Serikat.

Ketua Mahkamah Agung AS, John Roberts memimpin prosesi pengambilan sumpah jabatan tersebut pada Rabu 20 Januari 2017 siang waktu setempat (atau Kamis 21 Januari 2017 dini hari WIB). Di hadapan 900 ribu hadirin, Donald Trump didampingi istrinya, Melanija Knavs mengangkat tangan dan bersumpah di atas kitab suci umat Nasrani, Alkitab, bahwa dia akan setia melaksanakan tugasnya, menjaga dan melindungi, serta mempertahankan konstitusi AS.

Wakil Presiden Mike Pence telah lebih dulu mengulang pernyataan dari Ketua MA. Sebagaimana sudah menjadi tradisi, setelah dinobatkan, Donald Trump akan naik ke podium dan menyampaikan pidato pertamanya sebagai orang nomor satu di negeri adidaya. Tentunya, pidato itu akan direkam sebagai catatan sejarah Amerika Serikat. Termasuk catatan waktunya. Rekor pidato terpanjang dipegang oleh William Henry Harrison, dan terpendek oleh George Washington pada pelantikan keduanya.

Sedikit bocoran lain dari tim transisi kepresidenannya, usai pidato inagurasi presiden AS, beberapa musisi ternama akan menghibur hadirin yang menyaksikan langsung pelantikannya. Sejumlah pemuka agama juga dijadwalkan untuk memberi kata sambutan.

Selama tiga hari terakhir, Negeri Paman Sam sibuk bersolek. Seluruh penjuru negeri berbenah untuk menyambut acara puncak ini. Momen yang sangat bersejarah, sebagaimana peralihan juga terjadi pada dua presiden yang naik dengan jalan historis.

Tampuk kekuasaan beralih dari presiden kulit hitam pertama AS Barack Obama kepada presiden berlatar belakang pengusaha pertama di AS, Donald Trump. Keluarga Obama telah menginspirasi dunia selama delapan tahun terakhir, seluruh rakyat yang datang ke pelantikan Presiden ke-45 AS tak lupa membawa tulisan ‘Terima Kasih Obama’.

Di luar kawasan prosesi pelantikan Donald Trump, ribuan pemotor yang tergabung dalam Bikers for Trump hadir mengawal upacara pelantikan Donald Trump. Mereka bekerja sama dengan pihak kepolisian menjaga ketertiban dan keamanan selama pengambilan sumpah berlangsung hingga kesudahannya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming