Tiga Tahun Hilangnya MH370, Malaysia Laporkan Penyelidikan Terbaru

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 08 Maret 2017 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 08 18 1637552 tiga-tahun-hilangnya-mh370-malaysia-laporkan-penyelidikan-terbaru-BZ4WlX3Suv.JPG Menteri Transportasi Malaysia Liow Tiong Lai. (Foto: Reuters)

KUALA LUMPUR – Parlemen Malaysia memperingati tiga tahun hilangnya Malaysia Airlines MH370 hari ini. Segenap anggota parlemen mengheningkan cipta untuk mengenang para penumpang dan awak pesawat yang hilang dalam penerbangan nahas itu.

Aksi tersebut dilakukan atas permintaan Menteri Transportasi Malaysia Datuk Seri Liow Tiong Lai pada Rabu pukul 11.40 siang waktu Kuala Lumpur. Semua anggota Parlemen Malaysia berdiri saat prosesi khidmat itu berlangsung selama satu menit.

Liow mengatakan, hari ini komite penyelidikan teknis hilangnya Malaysia Airlines MH370 juga memberikan pernyataan interim mengenai perkembangan terakhir kasus tersebut. Dia menambahkan, Malaysia bersama dengan Australia, China dan tim ahli bekerja sama menganalisa data yang tersedia.

“Kami akan benar-benar melihat detail dari data apa pun yang kami miliki termasuk citra satelit dan pola hanyutnya puing pesawat. Kami berusaha mencari lebih banyak puing sehingga pada akhirnya kita bisa mengidentifikasi lokasi pasti pesawat,” kata Liow sebagaimana dilansir The Star, Rabu (8/3/2017). Meski begitu, dia menambahkan, proses analisa data akan memakan waktu cukup lama.

Malaysia Airlines MH370 menghilang dari pantauan radar kurang dari satu jam setelah lepas landas dari Bandara Internasional Kuala Lumpur pada 8 Maret 2014. Dari 239 penumpang dan awak yang berada di dalam pesawat tersebut, 50 di antaranya adalah warga negara Malaysia.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini