Image

Wow, Kerapu Raksasa Ini Nyaris Terbalikkan Perahu Nelayan

Agregasi Jpnn.com, Jurnalis · Selasa, 21 Maret 2017 - 19:04 WIB
Foto: JPNN Foto: JPNN

GORONTALO - Ikan kerapu berukuran raksasa kembali ditemukan di perairan Teluk Tomini Provinsi Gorontalo. Jika sebelumnya penemuan kerapu raksasa menghebohkan warga Desa Lemito, Kecamatan Lemito, Kabupaten Pohuwato.

Kali ini ikan goropa tersebut cukup menghebohkan warga Desa Tamboo, Kecamatan Bone Pantai, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Yusuf Kadullah, 33, adalah nelayan yang menemukan kerapu raksasa tersebut.

Yusuf Kadullah mengatakan, bahwa kerapu yang ditemukannya berukuran 1,5 meter. Sama panjangnya seperti yang ditemukan nelayan Lemito.

Hanya saja lanjut Yusuf, beratnya 80 kg dan lebih ringan dari ikan kerapu raksasa di Lemito yang beratnya mencapai 110 Kg.

Dia melanjutkan, ikan kerapu hitam itu ditemukannya menjelang subuh, atau saat persiapan ia akan kembali ke darat setelah semalaman di atas laut untuk memancing ikan.

Lokasi penemuan pun tak jauh dari pesisir pantai kecamatan Bone Pantai, dengan kedalaman laut kurang lebih 30 meter. "Saya sempat kaget, karena begitu nilon (tali pancing) bergerak, setelah strike sangat berat," katanya seperti dilansir jpnn, Selasa (21/3/2017).

Bahkan kata Yusuf, ikan itu nyaris saja membalikkan perahunya karena kuatnya tarikan. Saat strike, dia belum mengetahui pasti jika ikan yang menyambar mata pancingnya adalah jenis kerapu raksasa yang dia kira sebelumnya adalah tuna atau cakalang yang memang banyak terdapat di area tempatnya memancing.

"Sekitar satu jam strike, sampai ikan ini kehabisan tenaga, baru saya tarik ke perahu," katanya.

Begitu kagetnya dia setelah melihat ikan yang nyaris membalikan perahunya itu adalah kerapu. "Ternyata goropa (nama lokal kerapu) besar," tandasnya.

Setelah ikan berada di dekat perahu, ia kesulitan untuk mengangkat, apalagi ia hanya seorang diri di perahu. Yusuf juga khawatir jika ikan tersebut diangkut ke perahu, perahunya bakal tenggelam karena beban ikan yang terlalu berat.

"Akhirnya ikan hanya saya ikat di perahu dan ditarik sampai darat," ujarnya. Setibanya di pantai, sekira pukul 6.30 Wita, ikan kerapu hasil tangkapannya itu langsung mengegerkan warga Desa Tamboo yang tak jauh dari Teluk Tomini tersebut.

Bahkan warga dari desa sekitar juga datang untuk melihat ikan tersebut. Tak lama ikan besar ini langsung dihargai para penyuplai ikan di wilayah itu dengan harga Rp 800 Ribu. Dengan sumringah, Yusuf pun langsung menjual hasil tangkapannya itu.

(fmi)

  • TAG :

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming