nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kekurangan SDM, Lapas Narkotika Sawahlunto Belum Beroperasi Optimal

Agregasi Antara, Jurnalis · Jum'at 31 Maret 2017 13:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 31 340 1655468 kekurangan-sdm-lapas-narkotika-sawahlunto-belum-beroperasi-optimal-aZYhtgWUna.jpg ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

PADANG - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat (Sumbar) Dwi Prasetyo Santoso mengakui Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) khusus Narkotika Sawahlunto belum beroperasi optimal hingga saat ini.

"Memang hingga saat ini belum bisa dioperasikan 100 persen karena masih ada kekurangan sumber daya manusia (SDM) dan beberapa sarana prasarana," kata Dwi Prasetyo di Padang, Jumat (31/3/2017).

Ia mengatakan, saat ini lapas itu dihuni 100 narapidana, dari daya tampung sebanyak 250 narapidana. Dwi menyebutkan, pihaknya berusaha agar kelengkapan lapas segera dilakukan sehingga dapat dioperasikan sepenuhnya.

Lapas tersebut mulai dioperasikan secara terbatas sejak November 2015. Pengoperasian seratus persen lapas narkotika itu diharapkan jadi solusi bagi lapas lain di Sumbar yang mengalami kelebihan penghuni.

Salah satunya Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Muaro Padang yang saat ini jumlah penghuninya mencapai 400 persen dari kapasitas. Kepala Lapas Padang Yuwono mengatakan lapas yang memiliki daya tampung sekitar 247 orang itu, saat ini berisi sebanyak 1.365 orang.

Ia juga membeberkan dari data tersebut, sekitar 80 persen di antaranya adalah narapidana yang terjerat kasus penyalahgunaan narkoba. Saat ditanyai solusi terhadap kelebihan kapasitas itu, ia mengatakan dilakukan pemindahan warga ke lapas dan rumah tahanan (Rutan) lain yang ada di Sumbar. Beberapa di antaranya adalah Lapas Klas II B Payakumbuh dan Rutan Anak Aia, Padang.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini