Trump Beri Selamat Erdogan untuk Kemenangan Referendum Turki

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 19 April 2017 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 19 18 1671104 trump-beri-selamat-erdogan-atas-kemenangan-dalam-referendum-turki-9BCUUe5H9c.jpg Foto: CNN

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memberikan ucapan selamat kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyusul kemenangannya dalam referendum Turki yang memberinya kekuasaan lebih besar pekan ini.

Diwartakan CNN, Rabu (19/4/2017), Trump menelfon Erdogan pada Senin, 17 April beberapa saat setelah kemenangan tipis yang diraih kubu pro referendum. Ucapan selamat yang disampaikan Trump berbeda dengan sikap hati-hati yang ditunjukkan para pemimpin Eropa dalam menyikapi kemenangan Erdogan.

Kubu pro-referendum memenangi pemungutan suara yang digelar pada 16 April 2017 dengan 51,4 persen suara. Pengamat menilai kemenangan tipis itu memperlihatkan perpecahan yang terjadi di dalam masyarakat Turki.

Organisasi monitor internasional menyebut adanya kampanye tidak berimbang dalam pelaksanaan referendum. Monitor mengatakan kampanye referendum pihak oposisi telah dibatasi dan liputan media di antara kedua kubu tidak berimbang.

Referendum ini akan menimbulkan perubahan besar dalam sistem politik Turki dan memberikan kekuasaan lebih besar kepada Erdogan. Perubahan yang akan dilakukan sebelum pemilihan presiden dan parlemen Turki pada November 2019 ini akan mengubah sistem parlementer Turki ke sistem presidensial dan dapat memperpanjang masa jabatan Erdogan hingga 2039.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini