Referendum Turki: Vladimir Putin Beri Selamat Erdogan via Telegram

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 19 April 2017 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 19 18 1671159 referendum-turki-vladimir-putin-beri-selamat-erdogan-via-telegram-Cs9o60E4WP.jpg Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Foto: Reuters)

MOSKOW – Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengatakan, Presiden Rusia Vladimir Putin telah memberikan ucapan selamat kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan atas kemenangan pendukungnya dalam referendum konstitusi Turki akhir pekan lalu. Media Turki melaporkan, ucapan selamat dari Putin itu disampaikan melalui telegram yang dikirimkannya pada Erdogan.

“Ya, presiden telah memberi selamat pada Erdogan,” kata Peskov sebagaimana dikutip TASS, Rabu (19/4.2017). Putin dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bergabung bersama Presiden Azebaijan, Ilham Aliyev dan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz dalam daftar kepala negara yang menyampaikan ucapan selamat pada Presiden Turki itu.

Sebelumnya, Peskov mengatakan bahwa referendum Turki adalah murni masalah kedaulatan Republik Turki. Dia meminta pihak lain menghormati pilihan yang dibuat rakyat Turki terkait perluasan kekuasaan bagi presiden.

Hasil referendum ini dipastikan akan membawa perubahan besar pada masa depan politik dan hubungan luar negeri Turki. Paket perubahan konstitusi yang diusulkan dalam referendum akan mengubah sistem parlementer Turki menjadi sistem presidensial.

Jabatan PM akan dihilangkan dan presiden akan memiliki kewenangan untuk merancang anggaran, mengumumkan keadaan darurat, dan mengeluarkan dekrit tanpa persetujuan dari parlemen. Masa jabatan presiden akan diperpanjang dari empat tahun menjadi lima tahun, tetapi, seorang presiden tidak dapat menjabat lebih dari dua masa jabatan berurutan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini