nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

HISTORIPEDIA: Terbentuknya Pakta Warsawa

Emirald Julio, Jurnalis · Minggu 14 Mei 2017 06:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 13 18 1690209 historipedia-terbentuknya-pakta-warsawa-v4dRgpKzfa.jpg Lambang Pakta Warsawa beserta bendera negara-negara anggotanya (Foto: Istimewa)

TEPAT hari ini pada 1955, sejarah dunia mencatat waktu terbentuknya Pakta Warsawa. Pakta tersebut merupakan kesepakatan pertahanan yang ditandatangani oleh Uni Soviet dengan negara-negara satelitnya di Eropa.

Sebagaimana dikutip dari History.com, Minggu (14/5/2017), pakta yang ditandatangani di Kota Warsawa itu terdiri dari Uni Soviet, Albania, Polandia, Romania, Hungaria, Jerman Timur, Republik Ceko, dan Bulgaria.

Pada pakta tersebut, negara-negara anggota sepakat untuk melindungi bila salah satu negara anggotanya mendadak diserang. Komando militer anggota Pakta Warsawa berada di bawah pimpinan Marsekal Ivan S Konev yang berasal dari Uni Soviet.

Pembentukan Pakta Warsawa disinyalir sebagai organisasi tandingan dari North Atlantic Treaty Organization atau NATO. Selain itu, Pakta Warsawa juga diklaim berdiri karena Jerman Barat pada 9 Mei 1955 diterima di NATO sehingga negara tersebut dapat meremiliterisasi negerinya.

Uni Soviet memandang keputusan NATO tersebut sebagai ancaman dan meresponsnya dengan membentuk Pakta Warsawa.

Dalam perkembangannya, Pakta Warsawa pernah mengeluarkan Albania pada 1962 karena negara tersebut memandang pemimpin Rusia, Nikita Khrushchev, sudah menyimpang dari paham marxisme ortodoks. Karena dikeluarkan dari pakta tersebut, Albania akhirnya meminta bantuan ke China dan menjalin perdagangan.

Pada 1990, Jerman Timur pun meninggalkan Pakta Warsawa dan melakukan reunifikasi dengan Jerman Barat sehingga terbentuklah negara Jerman yang menjadi anggota tetap NATO. Runtuhnya pemerintahan komunis di Blok Timur juga menjadi pemicu runtuhnya Pakta Warsawa pada 1991.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini