nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengamat Sebut Teror Bom Kampung Melayu Terinsiprasi Ideologi Jihadis ISIS

Dara Purnama, Jurnalis · Kamis 25 Mei 2017 12:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 05 25 337 1699614 pengamat-sebut-teror-bom-kampung-melayu-terinsiprasi-ideologi-jihadis-isis-YSoNhMxoDY.jpg Pasca ledakan bom, Polisi langsung menggelar olah TKP (Foto: Okezone)

JAKARTA – Pengamat Terorisme dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Zaki Mubarak menilai, teror bom bunuh diri di Kampung Melayu diduga dilakukan oleh yang termotivasi ideologi jihadis ISIS.

"Ideologi ini sudah menjadi fatwa Aman Abdurrahman yang saat ini masih di penjara di Lapas Nusakambangan. Dia diakui luas sebagai ideolog oleh para jihadis di Tanah Air," kata Zaki kepada Okezone, Kamis (25/5/2017).

Berangkat dari fatwa Aman Abdurrahman tersebut, polisi kata Zaki dianggap sebagai thogut. Polisi dipersepsikan oleh para jihadis ini sebagai orang yang menggagalkan tujuan-tujuan jihad sehingga harus diperangi.

"Fatwa ini sudah lama menyebar melalui media sosial dan memberi inspirasi bukan hanya kepada kelompok-kelompok jihadis yang sudah mapan tapi juga beberapa individu yang akhirnya melakukan aksi teror sendiri (lone wolf terorist)," katanya.

Aksi lone wolf, terang Zakki dilakukan biasanya oleh individual atau kelompok-kelompok kecil. Kelompok itu pada umumnya beraksi karena inistiatif sendiri.

"Jadi tidak melalui koordinasi atau mendapat instruksi langsung dari ISIS. Jaringan ISIS di Tanah Air sendiri sudah berantakan. Sehingga sel-sel kecil dari kelompok ini sering bergerak dengan inisiatif sendiri," ujarnya.

(ran)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini