nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diduga Dukung Teroris, Empat Negara Timteng Putuskan Hubungan dengan Qatar

Rifa Nadia Nurfuadah, Jurnalis · Senin 05 Juni 2017 18:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 05 18 1707862 diduga-dukung-teroris-empat-negara-timteng-putuskan-hubungan-dengan-qatar-Bm49rE13yc.jpg Foto: CNBC

DUBAI - Empat negara Timur Tengah memutus hubungan dengan Qatar karena diduga mendukung ekstremisme dan kelompok teroris. Empat negara tersebut adalah Uni Emirat Arab, Mesir, Bahrain dan Saudi Arabia.

BBC, mengutip kantor berita WAM, Senin (5/6/2017) melansir Uni Emirat Arab memberi waktu 48 jam kepada para diplomat Qatar untuk meninggalkan negara tersebut. Abu Dhabi menuding Doha 'mendukung, mendanai serta merangkul terorisme, ekstremisme dan organisasi sektarian'.

Kantor berita Arab Saudi, SPA, melaporkan, Riyadh telah menutup perbatasannya, serta membatasi kontak darat, laut dan udara dengan Qatar. Para pejabat Saudi juga menyatakan, langkah ini diambil untuk 'melindungi keamanan nasional dari ancaman terorisme dan ekstremisme'.

Baca : Uni Emirat Arab dan Mesir Putuskan Hubungan dengan Qatar

Kementerian Luar Negeri Mesir juga telah menutup wilayah udara dan pelabuhan lautnya untuk semua transportasi dari Qatar. Sementara kantor berita Bahrain melaporkan, mereka memutus hubungan dengan Qatar karena negara tersebut telah 'mengguncang keamanan dan stabilitas Bahrain serta turut campur tangan dalam urusan dalam negeri'.

Koalisi yang dipimpin Arab Saudi memerangi kelompok ekstremis Houthi di Yaman juga mengeluarkan Qatar dari aliansi mereka karena kebijakan-kebijakan Doha yang 'memperkuat terorisme' dan dukungan mereka ke berbagai grup ekstremis.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini