nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terminal Mamboro Palu Disesaki Pemudik, Semua Tiket Bus Ludes Terjual

ant, Jurnalis · Kamis 22 Juni 2017 11:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 22 340 1722393 terminal-mamboro-palu-disesaki-pemudik-semua-tiket-bus-ludes-terjual-OeIN15XB1q.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

PALU - Arus mudik di Terminal Mamboro dan Tipo Palu, Sulawesi Tengah tiga hari menjelang Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah cukup padat dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Kepala Terminal Mamboro, Irfan Yahya membenarkan arus mudik Lebaran dengan transportasi angkutan darat menggunakan bis Angkutan Kota Dalam Provinsi dan Angkutan Kota Antarprovinsi (AKDP/AKAP) pada hari ini meningkat drastis dari hari-hari sebelumnya.

Ia mengatakan, kepadatan arus mudik di terminal itu memang sudah diprediksikan terjadi pada H-3 dan H-2 Lebaran.

“Dalam kurun waktu dua hari ini, terminal ramai melayani arus mudik Lebaran yang akan merayakan hari raya ke kampung halaman mereka di dalam maupun luar wilayah Provinsi Sulteng,” ujarnya di Palu, Kamis (22/6/2017).

Bus-bus yang diberangkatkan hari ini semuanya penuh penumpang. "Tidak ada kursi yang kosong, semuanya terisi," kata Irfan.

Sebelum bus diberangkatkan, petugas posko di terminal melakukan pengecekan fisik dan kelengkapan kendaraan untuk menjamin kenyamanan dan keselamatan perjalanan mudik. Bus yang benar-benar bermasalah, tidak akan diberangkatkan karena hal itu sangat berbahaya bagi keselamatan penumpang. "Kalau bannya gundul harus diganti dahulu baru diperbolehkan untuk berangkat," katanya.

Kepadatan arus mudik juga terlihat di Terminal Tipo yang terletak di Kecamatan Ulujadi, Kota Palu. Terminal yang melayani Palu-Mamuju- Makassar itu juga dipadati arus mudik Lebaran.

Amiruddin, kepala Terminal Tipo mengatakan, hari ini dan besok adalah puncak arus mudik Lebaran, sehingga petugas harus meningkatkan pemantauan dan pengecekan kendaraan agar perjalanan mudik nyaman dan lancar.

"Semua bus yang sudah diberangkatkan tidak bermasalah.Semua dalam kondisi fisik kendaraan yang bagus dan juga kelengkapan surat-surat," kata dia.

Dia juga mengatakan selain posko angkutan mudik Lebaran, juga ada posko pelayanan kesehatan gratis bagi para pemudik yang disediakan pihak PT Jasa Raharja.

Banyak penumpang sebelum berangkat mudik, mereka memanfaatkan memeriksakan kesehatan agar tetap sehat sampai ke tempat tujuannya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini