nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa Bumi di Yunani dan Turki Picu Peringatan Tsunami, Tewaskan Dua Orang

Silviana Dharma, Jurnalis · Jum'at 21 Juli 2017 08:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 21 18 1741167 gempa-bumi-turki-picu-peringatan-tsunami-dan-tewaskan-dua-orang-DE2oEFl9Le.jpg Bangunan hancur akibat gempa bumi 6,7 SR di Turki. (Foto: Reuters)

ANKARA – Gempa bumi berkekuatan 6,7 skala Richter mengguncang Pulau Kos yang termasuk gugusan Greek Islands di Yunani. Getarannya yang hebat terasa hingga ke pulau-pulau lain di sekitarnya dan tepi pantai Aegean Sea, Turki.

Bencana alam ini, seperti diwartakan BBC, Jumat (21/7/2017), dikabarkan memicu peringatan tsunami kecil. Beredar foto di media sosial yang menunjukkan orang-orang berjalan dengan air mengalir setinggi mata kaki mereka.

Peta gempa Turki. (Foto: Sky News)

Bahkan, dua orang di Pulau Kos dilaporkan tewas akibat gempa bumi. Wali Kota Kos, George Kyritsis menyatakan beberapa warga lain juga terluka. Namun belum diketahui berapa jumlah pastinya. Belum terhitung pula jumlah bangunan yang rusak sebagai dampak gempa.

Badan Pemantau Geologi yang berbasis di Amerika Serikat (USGS) memaparkan, cakupan gempa bumi mencapai radius 12 kilometer ke timur laut Pulau Kos, sehingga berimbas ke Kota Bodrum di tepi pantai Turki. Kedalaman gempa terlacak hingga 10 kilometer ke bawah permukaan bumi.

Yunani dan Turki merupakan dua negara di Eropa yang terletak di zona rawan gempa. Kedua negara sejatinya sudah merasakan guncangan-guncangan kecil selama beberapa pekan terakhir.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini