Italia Dilanda Kekeringan, Air Mancur di Vatikan Dimatikan

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 25 Juli 2017 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 25 18 1743793 italia-dilanda-kekeringan-air-mancur-di-vatikan-dimatikan-bhzilhk40n.jpg Foto: Reuters

VATIKAN - Sejumlah air mancur yang berada di Vatikan mulai dimatikan sebagai dampak dari kekeringan yang saat ini melanda Italia. Kekeringan yang terjadi pada musim semi kali ini merupakan yang terburuk ketiga dalam 60 tahun terakhir dan telah menyebabkan kerugian sebesar USD2,3 miliar (sekira Rp30 triliun) pada sektor pertanian Negeri Piza.

Vatikan memiliki sekira 100 air mancur yang beberapa di antaranya dianggap sebagai karya agung. Berdasarkan keterangan Juru Bicara Vatikan, Greg Burke, keputusan untuk mematikan air mancur tersebut adalah cara Vatikan untuk memberi dukungan pada Kota Roma dalam krisis kekeringan.

"Sejauh yang kami ketahui, paling tidak dalam ingatan kami, ini pertama kalinya kita harus mematikan air mancur," kata Greg sebagaimana dikutip dari CBS News, Selasa (25/7/2017).

"Ini adalah cara Vatikan untuk menghidupkan solidaritas dengan Roma, mencoba membantu Roma melewati krisis ini. Intinya, air yang masuk ke Vatikan berasal dari tempat yang sama dengan tempat air datang dan pergi ke Roma, dan inilah cara kami untuk mencoba membantu kota," tambahnya.

Laporan dari Radio Vatikan menyebutkan bahwa keputusan tersebut konsisten dengan ajaran Paus Fransiskus mengenai lingkungan. Paus telah mencela pemborosan dan menekankan pentingnya akses terhadap air minum bersih.

Anda tidak bisa menyia-nyiakannya, dan terkadang Anda harus rela melakukan pengorbanan. Kami memiliki taman yang sangat indah di Vatikan. Mereka mungkin tidak akan hijau tahun ini, tapi kami akan bertahan," pungkas Greg.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini