Wah! Koala Putih Langka Lahir di Kebun Binatang Australia

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Selasa 22 Agustus 2017 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 22 18 1760750 wah-koala-putih-langka-lahir-di-kebun-binatang-australia-TVebgfdb51.jpg Pihak Kebun Binatang Australia tengah menggelar sayembara untuk memberi nama bayi koala langka tersebut (Foto: Australia Zoo/BBC)

QUEENSLAND – Di antara sekelompok anak koala yang lahir di Kebun Binatang Australia di Queensland, ada satu ekor yang begitu menonjol. Bayi koala berjenis kelamin betina itu terlahir dengan bulu berwarna putih yang langka.

Bayi koala yang belum diberi nama itu diyakini tidak mengalami kelainan, tetapi karena mewarisi gen dari ibunya. Sejumlah ahli mengatakan, koala berbulu putih amat sulit untuk bertahan hidup jika berada di alam bebas.

“Dalam dunia ilmu satwa, sering disebut sebagai ‘gen perak’ di mana hewan terlahir dengan bulu berwarna putih atau sangat pucat. Sama seperti gigi seorang bayi, biasanya bulu itu akan berganti warna seiring pertumbuhan menjadi dewasa,” tutur dokter di Kebun Binatang Australia, Rosie Booth, mengutip dari BBC, Selasa (22/8/2017).

Pernyataan senada diungkapkan Ahli Ekologi dari Central Queensland University, Doktor Alistair Melzer. Ia mengaku tidak pernah melihat koala putih selama 20 tahun melakukan penelitian hewan di alam bebas.

“Mereka harus melewati semacam seleksi alam,” kata Alistair Melzer.

Ia menambahkan, koala sering menjadi incaran para predator seperti elang dan burung hantu. Tentu saja, warna putih terlalu mudah untuk ditemukan oleh para pemangsa sehingga sangat rentan di alam bebas.

“Masalah utama adalah hewan berwarna putih seperti itu tidak akan bisa menyamar dengan mudah,” sambung Melzer.

Pihak Kebun Binatang Australia dan Badan Pariwisata menyelenggarakan sayembara di Facebook untuk memberi nama bayi koala putih langka tersebut. Unggahan mengenai sayembara tersebut sudah dibagikan ribuan kali oleh pengguna Facebook hingga menjadi viral.

Sejauh ini, beberapa usulan nama sudah muncul. Sebagian besar usulan nama mengacu pada warna bulu si koala, seperti Snowflake yang berarti kepingan salju, Diamond, Pearl, dan Djendaladi yang berasal dari bahasa suku asli Australia, Noongar, yang berarti berambut putih.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini