Duuh! Picu Banjir, Badai Harvey Sebabkan Ratusan Orang Terjebak dan Bertahan di Atap Rumah

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Senin 28 Agustus 2017 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 28 18 1764245 duuh-picu-banjir-badai-harvey-sebabkan-ratusan-orang-terjebak-dan-bertahan-di-atap-rumah-cvvitrEDcw.jpg Petugas menyelamatkan warga yang terjebak banjir. (Foto: KTRK)

TEXAS - Sekira ratusan orang di Texas, Amerika Serikat (AS) dilaporkan terjebak akibat banjir pascabadai Harvey menerjang. Sebagian besar orang yang terjebak diketahui menunggu bantuan dengan bertahan di atap bangunan tempat tinggal mereka.

Volume air banjir bahkan dilaporkan telah mencapai lantai dua rumah bertingkat milik warga di beberapa titik. Otoritas setempat menyebut, banjir kali ini belum pernah terjadi sebelumnya dan meminta warga untuk mengikuti arahan dari pemerintah.

Wilayah selatan Houston yakni kota terbesar keempat di AS menjadi wilayah yang paling berisiko tergenang banjir dengan volume air besar mengingat wilayah tersebut memiliki curah hujan tinggi. Diwartakan Sky News, Senin (28/8/2017), petugas berhasil menyelamatkan 50 orang termasuk anak-anak yang terjebak di Greenspoint Houston.

Baca Juga: Akan Dihantam Badai Harvey, Trump Imbau Masyarakat Texas untuk Bersiap

Baca Juga: Texas Diterjang Badai Harvey, Minyak Mentah Kembali Mendingin

Gubernur Texas Greg Abbott mengatakan bahwa kondisi terus memburuk. Ia menyebut, bencana ini menyebabkan kerugian sekira miliaran dolar. Pemerintah sendiri telah mengerahkan puluhan kapal dan 5 helikopter penyelamat serta bus untuk mengevakuasi warga ke tempat yang aman.

Hingga saat ini, korban tewas dikonfirmasi jumlahnya mencapai 2 orang. Salah satu korban tewas diketahui merupakan seorang perempuan yang terjebak di dalam mobilnya saat banjir melanda dan tenggelam di Harris County. Banjir juga telah menyebabkan beberapa jalur darurat tertutup.

Selain ditutup karena tergenang air, beberapa jalan raya juga tertutup akibat pohon tumbang, tiang-tiang yang roboh dan reruntuhan bangunan yang rusak. Menanggapi bencana tersebut, Presiden AS, Donald Trump mengaku akan segera mengunjungi lokasi bencana.

"Saya akan pergi ke Texas sesegera mungkin jika waktunya tepat. Dan yang paling penting adalah keamanan dan keselamatan masyarakat," ujar Trump

Badai Harvey menghantam Texas pada Jumat malam dengan hujan deras dan angin berkecepatan 215 kilometer per jam. Badai ini disebut sebagai salah satu badai terparah yang menghantam Negeri Paman dalam 10 tahun terakhir.

Baca Juga: VIDEO: Detik-Detik ketika Badai Harvey Hantam Texas

Baca Juga: Tahun Ini Amerika Serikat Diprediksi Dihantam Badai Parah

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini