Image

7 WNI Terjebak di Pulau Virgin Akibat Badai Irma, Pemerintah Upayakan Evakuasi

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Kamis 14 September 2017, 17:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 14 18 1775978 7-wni-terjebak-di-pulau-virgin-akibat-badai-irma-pemerintah-upayakan-evakuasi-lf97yuUzbJ.jpg Dampak terjangan Badai Irma di Karibia. (Foto: Getty Images)

JAKARTA - Pemerintah Indonesia berencana akan segera mengevakuasi 7 warga negara Indonesia (WNI) yang terjebak di Kepulauan Karibia akibat terjangan Badai Irma. Ketujuh WNI tersebut diketahui menetap di Pulau Tortilla, British Virgin Island (BVI).

Sebelumnya, pihak Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Houston telah berhasil menghubungi ketujuh WNI tersebut. Ketujuh WNI yang bekerja sebagai terapis spa diketahui dalam keadaan selamat. Dampak kehancuran yang ditimbulkan Badai Irma di Virgin Island cukup besar hingga membuat proses evakuasi harus segera dilakukan.

"Selama hampir 4 hari, Badai Irma menerjang Kepulauan Karibia dan sampai saat ini masih ada 7 WNI kita di Virgin Island yang masih belum bisa kita evakuasi. Tampaknya setelah mengamati situasi logistik dan kehidupan sehari-hari di sana, kita sudah memutuskan untuk segera mengevakuasi 7 orang tersebut," ujar Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan BHI (PWNI-BHI) Kemlu RI, Lalu Muhammad Iqbal di Jakarta, Kamis (15/9/2017).

Pria yang akrab disapa Iqbal itu manambahkan, bahwa hampir 90% infrastruktur di Virgin Island rusak akibat Badai Irma. Listrik dan air di pulau tersebut juga terputus dan mati hingga menyulitkan kehidupan sehari-hari masyarakat.

"Saat ini kondisi logistik di sana cukup memprihatinkan karena itu kita sedang dalam upaya evakuasi, " imbuh Iqbal.

Guna memudahkan proses evakuasi, Pemerintah Indonesia telah berkoordinasi dengan KJRI, Havana dan Caracas Indonesia untuk turut mencari solusi proses evakuasi terhadap ketujuh WNI yang berasal dari Bali tersebut. Sementara itu, di Florida dan Georgia tidak ada WNI yang terdampak langsung Badai Irma.

"Untuk di Florida dan Georgia tidak ada WNI yang terdampak langsung Badai Irma," jelas Iqbal.

Berdasarkan data Kementerian Luar Negeri Indonesia terdapat 3.144 WNI di Georgia. Sementara di Florida terdapat 2.595 WNI, termasuk puluhan WNI yang sedang magang di hotel-hotel di Miami. Badai Irma sendiri sedikitnya telah menewaskan 23 orang di Kepulauan Karibia.

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini