Image

7 Peristiwa Politik yang Jadi Sorotan Sepanjang 2017, dari Pelantikan Donald Trump sampai Pilgub Jakarta

Ahmad Sahroji, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017, 06:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 11 337 1793507 7-peristiwa-politik-yang-jadi-sorotan-sepanjang-2017-dari-pelantikan-donald-trump-sampai-pilgub-jakarta-78YCRZ2IYb.jpg Pilgub DKI menjadi salah satu yang jadi perhatian tidak hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri (Foto: Okezone)

JAKARTA - Mendekati pergantian tahun yang kurang dari tiga bulan lagi, tercatat banyak peristiwa penting yang terjadi sepanjang 2017. Tahun ini juga disebut-sebut menjadi tahun politik terbesar sejak satu dekade terakhir.

Peristiwa politik di dunia yang cukup menyita perhatian di antaranya dilantiknya Donald Trump, refrendum Turki, hingga Pilgub DKI Jakarta.

Berikut peristiwa politik penting yang terjadi di dunia dilansir dari Deutsche Welle:

1. Pelantikan Donald Trump

Donald Trump resmi berkuasa tanggal 20 Januari 2017. Sederet isu menunggu keputusan sang presiden, mulai dari hubungan Amerika Serikat dengan Rusia, Perjanjian Iklim, perang di Suriah dan Ukraina, hubungan Transatlantik dan perang dagang dengan Cina. Kehadiran Trump diyakini akan banyak mengubah tatanan politik dunia di 2017.

2. KTT G20 di Hamburg

Pertemuan puncak G20 pada 7 Juli mendatang akan menghadirkan konstelasi baru elit politik dunia. Selain Presiden AS Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Filipina Rodrigo Duterte juga akan bertemu dalam satu meja. Tuan rumah Angela Merkel dipastikan akan sibuk menjamu daftar undangan tersebut.

3. Pemilu Kepresidenan Iran

Kekuasaan Hassan Rouhani yang mewakili kelompok moderat Iran tidak selamanya berjalan mulus lantaran manuver kaum konservatif yang dibekingi Garda Revolusi dan elit politik lama. Di tengah ancaman Donald Trump untuk mengebiri perjanjian nuklir Iran, Rouhani menghadapi geliat kaum garis keras pada pemilu kepresidenan 19 Mai mendatang.

4. Pilkada DKI

Pada 15 Februari DKI Jakarta akan memilih gubernur baru. Serupa Pemilu 2014, Pilkada DKI banyak direcoki elit politik. Barisan konservatif kanan yang digalang Front Pembela Islam sejak awal berusaha memperluas pengaruh lewat aksi demonstrasi dan gugatan hukum terhadap calon gubernur, Basuki Tjahaja Purnama. Hasil pilkada diyakini bakal menjadi preseden buat wajah politik Indonesia di 2017.

5. Referendum Turki

Sejak lama Recep Tayyip Erdogan mengimpikan jabatan eksekutif dengan kekuasaan tak berbagi. Untuk itu Partai AKP menggodok amandemen konstitusi yang akan menghapus jabatan perdana menteri dan menggabungkan kewenangannya pada jabatan presiden. Banyak yang menilai, referendum konstitusi pada April mendatang adalah kesempatan terakhir warga Turki buat mencegah kediktaturan Erdogan.

6. Pemilu Jerman

Kepada Angela Merkel Uni Eropa berharap. Sejak lama kanselir Jerman itu menjadi jaminan persatuan Uni Eropa, entah itu di tengah krisis keuangan atau tsunami pengungsi. Menyusul Brexit dan pemilu di Perancis, pemilihan umum pada 27 Agustus dan 22 Oktober mendatang adalah etape terpenting buat Merkel untuk menyelamatkan masa depan Uni Eropa.

7. Pemilu Kepresidenan di Perancis

Tahun 2017 akan menjadi tahun penentuan buat Uni Eropa menyusul pemilu di tiga negara terbesarnya. Perancis akan menggelar pemilu kepresidenan pada 23 April setelah Francois Hollande menolak mencalonkan diri. Pemilu kali ini bakal menjadi kesempatan politik terbesar buat kelompok anti Eropa yang digalang Front National.

(fin)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini