Image

Hamas Capai Rekonsiliasi dengan Fatah, "Selamat untuk Rakyat Palestina!"

Koran SINDO, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 16:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 13 18 1794837 hamas-capai-rekonsiliasi-dengan-fatah-selamat-untuk-rakyat-palestina-JuaPSbC3tu.jpg

KAIRO - Pejuang Hamas dan kelompok Fatah mencapai titik temu dalam rekonsiliasi politik. Itu mengakhiri ketegangan politik yang memanaskan hubungan kedua kelompok di Palestina.

Pemimpin kelompok pejuang Hamas Ismail Haniyeh mengungkapkan, faksi yang bertikai di Palestina, Hamas dan Fatah, berhasil mencapai kesepakatan. Kesepakatan itu berkat perundingan yang dimediasi oleh Mesir.

”Fatah dan Hamas mencapai kesepakatan hari ini (kemarin) atas dukungan murah hati Mesir,” ujar Haniyeh dilansir Reuters, Kamis 13 Oktober 2017.

Fatah yang didukung Barat kehilangan kontrol di Gazakarena kalah dari Hamas dalam pertempuran pada 2007.

Hamas dianggap kelompok teror oleh negara-negara Barat dan Israel. Namun, bulan lalu Hamas mencapai kesepakatan untuk menyerahkan kekuasaan Gaza kepada pemerintahan Presiden Mahmoud Abbas yang didukung Fatah.

(Baca juga: Akhirnya! Hamas Bubarkan Pemerintahan Bayangan di Gaza)

Mesir telah membantu mediasi untuk rekonsiliasi dua gerakan yang kerap berseberangan tersebut. Hamas dan Fatah telah sepakat pada 2014 untuk membentuk pemerintahan rekonsiliasi nasional.

Namun, saat itu pemerintahan bayangan Hamas masih berkuasa di Gaza.

”Kami mengucapkan selamat kepada rakyat Palestina atas tercapainya kesepakatan rekonsiliasi di Kairo,” ujar juru bicara Hamas Hazem Qassem.

(Baca juga: Kelompok Hamas dan Fatah Berdamai, Siap Bicarakan Pemilu di Palestina)

”Kita membuat setiap langkah mungkin mengimplementasikannya untuk memulai babak baru dalam sejarah rakyat kita,” katanya.

Hamas sepakat menyerahkan kekuasaan pemerintahan di Gaza kepada pemerintahan yang didukung Fatah pada bulan lalu. Langkah itu sebagai upaya besar bagi Hamas. Strategi Hamas itu disebabkan Qatar, donor utama mereka, diisolasi negara Arab.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini