Unik, UEA Tunjuk Pria 27 Tahun Sebagai Menteri Kecerdasan Buatan

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 20 Oktober 2017 04:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 20 18 1798993 unik-uea-tunjuk-pria-27-tahun-sebagai-menteri-kecerdasan-buatan-GDrhqFUxhq.jpg Foto: Reuters

ABU DHABI – Uni Emirat Arab (UEA) tampaknya telah menjadi pelopor dalam tren perombakan (reshuffle) pemerintahan dengan memperkenalkan Menteri Kecerdasan Buatannya yang pertama. Negara Teluk itu menjadi negara pertama di dunia yang memiliki jabatan kabinet tersebut.

Setelah membentuk pos Menteri Kebahagiaan tahun lalu, UEA kembali mengambil langkah lain yang tidak biasa. Pengenalan posisi futuristik baru itu diumumkan oleh Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum pada Kamis, 19 Oktober.

"Hari ini kami mengumumkan pengangkatan seorang menteri untuk kecerdasan buatan. Gelombang global berikutnya adalah kecerdasan buatan dan kami ingin UEA lebih siap untuk itu,” kata Sheikh Mohammed sebagaimana dikutip RT, Jumat (20/10/2017).

Posisi baru ini akan dijabat oleh Omar Sultan Al-Ulama yang telah menjadi Wakil Direktur Departemen Masa Depan. Pria berusia 27 tahun itu juga memegang posisi di Komite Eksekutif World Government Summit (WGS) sejak 2014. WGS adalah sebuah organisasi internasional berbasis di UEA yang dirancang untuk berbagi pengalaman dan inovasi pembangunan pemerintah di antara negara-negara yang berbeda.

Selain posisi Menteri Kecerdasan Buatan, UEA juga telah memperkenalkan jabatan Menteri Ilmu Pengetahuan Lanjutan. Jabatan tersebut akan dijalankan oleh Sara Al Amiri, perempuan berusia  tiga puluh tahun yang sebelumnya memegang peran utama di Dewan Ilmu Pengetahuan UEA dan tim Misi Mars UEA. Pada April 2017, Negara Teluk itu memulai "program nasional 100 tahun" yang mencakup rencana untuk membuat basis ilmiah di Mars.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini