nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sebelum Hadiri KTT APEC, Presiden Korsel Sambangi Indonesia

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 02 November 2017 14:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 02 18 1807156 sebelum-hadiri-ktt-apec-presiden-korsel-sambangi-indonesia-owrgRrLwRn.jpg Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, akan singgah di Indonesia sebelum menghadiri KTT APEC di Da Nang, Vietnam. Pria berusia 54 tahun itu akan berada di Indonesia pada 8-10 November 2017.

Presiden Joko Widodo akan menerima kedatangan Presiden Moon Jae-in di Istana Bogor, Jawa Barat pada 9 November. Kunjungan tersebut merupakan yang pertama bagi ketua Partai Demokrat itu ke negara ASEAN dan Indonesia sejak dilantik pada Mei.

"Pertemuan difokuskan pada upaya peningkatan ekonomi, perdagangan, investasi, perlindungan WNI, dan juga isu Semenanjung Korea. Sebagaimana kita ketahui, Korea Selatan merupakan mitra strategis penting Indonesia di kawasan," urai Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri Indonesia, Edi Yusup, dalam press briefing mingguan, Kamis (2/11/2017).

BACA JUGA: Parlemen Korea Selatan Puji Indonesia Sebagai Mitra Strategis

Ia menambahkan, kemitraan strategis antara Indonesia dengan Korea Selatan dari Strategic Partnership menjadi Special Strategic Partnership lewat pertemuan tersebut. Selain itu, tiga nota kesepahaman (MoU) diharapkan dapat ditandatangani oleh Presidem Jokowi dan Presiden Moon.

"Tiga MoU kerjasama di bidang industri, perhubungan, dan kesehatan diharapkan dapat ditandatangani. Saat ini sedang tahap finalisasi," tambah Edi Yusup.

BACA JUGA: Hadiri KTT APEC di Vietnam, Jokowi Fokus di 4 Area Prioritas

Usai melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi, Moon Jae-in akan menghadiri Forum Bisnis bersama sekira 300 pengusaha dari Indonesia dan Korea Selatan. Petinggi sejumlah perusahaan Korea seperti Posco, Lotte Group, dan CJ Group turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan, kunjungan tersebut merupakan bukti komitmen tinggi Korea Selatan untuk kerjasama dengan Indonesia dan ASEAN. Kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan Presiden Jokowi dengan Wali Kota Seoul, Park Won-soon tidak lama setelah Moon Jae-in dilantik pada Mei lalu.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini