Image

Hari Terakhir KTT Ke-31 ASEAN, Ini Rangkaian Pertemuan yang Dijalani Presiden Jokowi

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 14:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 14 18 1813775 hari-terakhir-ktt-ke-31-asean-ini-rangkaian-pertemuan-yang-dijalani-presiden-jokowi-7QuWyIpP2v.jpeg Foto: Biro Pers/Setpres

MANILA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sejumlah agenda di hari terakhir pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-31 ASEAN di Philippine International Convention Center (PICC), Manila, Filipina.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Hadiri Pembukaan KTT ASEAN ke-31

Agenda pertama yang dihadiri Presiden Jokowi adalah KTT ASEAN Plus Three (APT) yang akan mempertemukan kepala negara-negara ASEAN dengan tiga negara mitra, yakni China, Jepang, dan Korea Selatan (Korsel). KTT ASEAN Plus Three kali ini adalah pertemuan yang ke-20 sejak KTT pertama pada Desember 1997 di Kuala Lumpur.

Usai menghadiri KTT ASEAN Plus Three, Presiden Jokowi dijadwalkan menghadiri sejumlah konferensi lain, di antaranya KTT ASEAN-Kanada, KTT ASEAN-Uni Eropa, KTT Asia Timur, Pertemuan Pemimpin Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP), dan KTT ASEAN-India. Rangkaian kegiatan KTT ASEAN tersebut akan diakhiri dengan upacara penutupan KTT ke-31 ASEAN yang akan digelar di PICC malam nanti.

Berdasarkan keterangan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi pada Senin 13 November, Presiden Jokowi dijadwalkan menghadiri total 21 kegiatan dan pertemuan sepanjang dua hari pelaksanaan KTT ke-31 ASEAN pada 13-14 November. Sebanyak 11 agenda telah dijalankan presiden pada hari pertama dan 10 agenda lain berlangsung pada hari kedua.

BACA JUGA: Di KTT ASEAN, Presiden Jokowi: Saya Berharap Isu Palestina Mengalami Kemajuan yang Signifikan

Setelah menyelesaikan kegiatan di KTT ASEAN kali ini, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana akan kembali ke Tanah Air dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1. Rombongan diperkirakan tiba hari ini di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, pada pukul 23.30 WITA.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini